Pariwara
Buton

Dandim Buton Berganti

SALAM KOMANDO: Dandim 1413/Buton, Letkol Inf Davy Darma Putra (kiri) foto bersama Danrem 143/Ho, Kolonel Arm Dedi Nurhadiman (tengah) dan mantan Dandim 1413/Buton, Letkol Czi Sryanto usai sertijab di Gedung Utama Tamalaki Korem 143/Ho, Selasa (30/1). Foto: Penrem For Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Komando Distrik Militer (Dandim) 1413/Buton resmi berganti. Serah terima jabatan (sertijab) dari Letkol Czi Sryanto, M.I.R, MA, kepada Letkol Inf Davy Darma Putra digelar di Gedung Utama Tamalaki Korem 143/Ho, Selasa (30/1). Komandan Korem (Danrem) 143/Ho, Kolonel Arm Dedi Nurhadiman memimpin sertijab sekaligus melantik Letkol Inf Davy Darma Putra, sebagai Dandim 1413/Buton.

Letkol Czi Sryanto, M.I.R, MA, yang sudah menduduki jabatan Dandim 1413/Buton sekira satu tahun dan selanjutnya akan melaksanakan tugas baru di Staf Operasi Mabes TNI di Cilangkap Jakarta.

Sementara Letkol Inf Davy Dharma Putra, kelahiran 41 tahun lalu, di Pematang Siantar, Sumatra Utara ini merupakan salah perwira yang cukup cemerlang di angkatannya. Davy merupakan Abituren Akmil 1999, perjalanan kariernya di dunia militer di mulai dari jabatan Danton, Danki, di Batalyon Tempur dlingkungan TNI AD. Tercatat 3 Batalyon tempur yang turut menempa perjalanan militer Letkol Davy, diantaranya Batalyon Infanteri 408/BH (Kini- Yonif Raider 408/SBH), Yonif 100/Raider dan Yonif 731/Kabaresi yang menjadi kebanggaan Kota Masohi, Maluku Tengah.

Dunia Intelijen juga bukan hal baru bagi letkol Davy. Pamen yang memiliki perawakan tinggi dan berpenampilan menarik ini, memiliki pengalaman hebat di dunia Intelijen. Tercatat beberapa jabatan intelijen pernah diembannya. Diantaranya, Dantim Sandi di Makodam I/BB, Kasi Sispal Sandi di Makodam XVI/Pattimura, Pabandamin Sinteldam XVI/Pattimura, Ps. Pabandya Lid, Pabandya Lid Sinteldam XVI/Pattimura, Danden Inteldam V/Brawijaya.

Bahkan Letkol Inf Davy sebelum mendapatkan kepercayaan memimpin Kodim 1413/Buton juga sempat menduduki jabatan Komandan Satdikpa Intel Kodiklat TNI AD di Bogor.  “Pergantian pejabat merupakan bagian dari sistem pembinaan organisasi. Hal ini disesuaikan dengan dinamika tuntutan dan tantangan tugas,” kata Kolonel Arm Dedi Nurhadiman saat memberikan sambutan.

Alih tugas dan jabatan di lingkungan TNI Angkatan Darat adalah hal biasa. Karena merupakan bagian dari proses pembinaan organisasi sekaligus merupakan kaderisasi, guna kesinambungan kepemimpinan dalam organisasi TNI Angkatan Darat. “Dandim merupakan jabatan yang cukup strategis dijajaran TNI-AD. Karena satuan Kodim memiliki tugas pokok menyelenggarakan pembinaan kemampuan, kekuatan dan gelar kekuatan. Serta menyelenggarakan pembinaan teritorial untuk menyiapkan wilayah pertahanan di darat demi menjaga keamanan wilayahnya,” jelasnya.

Sebagai tambahan,
Kodim 1413/Buton memiliki 16 Koramil yang tersebar di 6 wilayah yaitu Kota Baubau, Kab Buton, Kab Wakatobi, Kab Bombana, Kab Buton Tengah dan Kab Buton Selatan. Secara geografis maupun sosial budaya, daerah ini menyimpan potensi kerawanan yang cukup besar. Bila tidak dikelola dengan baik dan benar akan berpeluang menimbulkan ancaman di bidang pertahanan dan keamanan maupun ekonomi dan politik. “Ini yang harus diperhatikan Dandim baru,” imbuhnya. (ade/penrem)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top