Pariwara
Metro Kendari

Biaya Haji Naik, Biaya Lokal Tetap

BPIH NAIK : Pemerintah pusat memastikan BPIH tahun ini naik sekira Rp 900 ribu lebih. Tampak pelepasan jamaah calon haji Kota Kendari tahun 2017 di Taman Kota Kendari. Foto: LM Syuhada Ridzky/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Indonesia bereaksi cepat atas kenaikan pajak 5 persen dari pemerintah Kerajaan Arab Saudi. Kementerian Agama (Kemenag) RI langsung memastikan adanya kenaikan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) tahun ini. Selisih hitungan awal BPIH tahun 2017 dengan BPIH 2018 hampir mencapai Rp 1 juta, berkisar Rp 900.670. Dan itu tinggal menunggu keputusan Presiden untuk disosialisasikan ke calon jamaah haji 2018.

Wacana kenaikan BPIH tahun 2018 dibenarkan Kepala Seksi Haji dan Umrah Kantor Kemenag Kota Kendari, Marwijid. Mantan kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Puuwatu ini mengatakan pihaknya belum menyosialisasikan kenaikan BPIH ke jamaah karena masih menunggu keputusan resmi dari Presiden. “Karena pajak naik, maka itu sudah pasti berpengaruh pada anggaran kita, makanya informasi terakhir dari kementerian itu kenaikannya sekitar Rp 900-an ribu,” ujar Marwijid, Selasa (30/1).

Karena BPIH itu akan berlaku secara nasional maka jamaah sudah bisa memprediksi angka kebutuhan haji saat berangkat ke tanah suci. “Rencananya akan kenaikan jatah makan. Semula 25 kali selama dalam kegiatan haji baik di Madinah maupun Makkah, rencananya sudah 50 kali. Jadi tidak perlu repot lagi belanja-belanja makan pribadi dan memasak di penginapan sehingga jamaah fokus ibadah saja, karena akan terjadi kenaikan harga juga disana menyusul naiknya pajak itu,” papar Marwijid.

Sementara untuk biaya lokal haji belum ada rencana kenaikan. Bahkan bila Pemkot Kendari menyalurkan bantuannya diawal tahun ini makan biaya lokal itu malah akan turun. “Ada bantuan dari Pemkot tapi kita belum tahu berapa. Yang jelas sudah masuk dalam APBD. Nah kalau itu diberikan sebelum berangkat berarti biaya lokal pasti turun. Kalau tidak maka akan sama dengan tahun lalu Rp 3 juta itu, tapi kan selalu ada pengembalian setelah pulang, meski hanya sebagian sesuai dengan kemampuan keuangan Pemkot Kendari,” imbuh Marwijid. (ely/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top