Pariwara
Politik

Seleksi Badan Ad hoc Dimulai Februari

Seleksi : Ketua KPUD Konsel, Herman didampingi Kasubag Teknis Pemilu Sekretariat KPU Konsel, Gusti pada kegiatan KPUD Konsel beberapa waktu lalu. Foto: Kamaluddin/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Masa tugas badan adhoc Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Konawe Selatan (Konsel) hanya sampai pelaksanaan Pilkada serentak. Untuk memastikan seluruh tahapan Pemilu 2019 tetap berjalan, penyelenggara harus melakukan perekrutan. Sesuai rencana, perekrutan panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) untuk Pilpres dan Pileg akan dimulai bulan Februari 2018.

Ketua KPUD Konsel, Herman mengaku telah berkoordinasi dengan KPU Sultra menyangkut perekrutan badan adhoc tanggal 25 Januari lalu. Dalam rapat tersebut, KPU Sultra memberikan dua opsi. Pertama perekerutan dilakukan dengan terbuka. Sementara opsi kedua adalah evaluasi.

“Untuk Konsel, kami memilih opsi kedua yakni evaluasi kepada penyelenggara adhoc Pilgub yang saat ini telah bertugas dari lima PPK menjadi tiga orang dan PPS tetap tiga orang. Namun demikian pelaksanaan dan tahapannya masih menunggu petunjuk teknis dari KPU RI,” ungkap Herman senin (29/1).

Seleksi perekrutan badan adhoc kata dia, kemungkinan besar tahapan seleksi badan ad hock akan bergulir pada awal Februari tahun 2018. “Awal februari sudah dapat dilaksanakan mengingat tapahan verifikasi kepada 12 parpol akan berakhir pada 6 februari pasca putusan MK,” jelasnya.

Persyaratannya lanjut Herman, mengacu pada undang-undang nomor 7 tahun 2017 dan PKPU 1 tahun 2018 tentang perektrutan badan adhoc. “Kita rencanakan, Februari. Tapi kalau hasil evaluasi komisioner mengangap bahwa badan ad hoc lama sudah tidak kompeten maka dapat merekrut badan ed hock yang baru,” ulangnya menegaskan.

Dikesempatan itu, dirinya berpesan selaku KPU Konsel, baik PPK maupun PPS untuk tetap fokus terhadap kinerja yang sementara berlangsung. “Yakni melaksanakan seluruh tahapan Pilgub. Ketika sudah dilantik Maret nanti, PPK akan mulai menerima honor bulan Juli 2018,” imbuhnya.

Saat ini, KPUD Konsel masih mengusulkan dan mengajukan tiga kecamatan pemekaran masing-masing Andolo Barat, Sabulakoa dan Kolono Timur untuk dimasukkan dalam perekrutan badan adhock pilcaleg tahun 2019.

“Hal itu dikarenakan tiga kecamatan ini belum masuk dalam daftar isian penggunaan anggaran (DIPA) tahun 2018-2019. Meski tiga kecamatan ini sudah teregistrasi di kemendagri dan telah diserahkan di KPU RI. KPU berharap badan adhock PPK dan PPS di tiga kecamatan ini sudah dapat berdiri sendiri,” harapnya. (b/kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top