Pariwara
Konawe Selatan

Pertumbuhan Ekonomi Konsel Meningkat

H. Ali Tondu

KENDARIPOS.CO.ID — Pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Konsel pada tahun 2017 diklaim mengalami peningkatan. Kondisi pasar menjadi faktor pendukung pertumbuhan tersebut. Hal itu diungkapkan Sekretaris Disperindag Konsel, H. Ali Tondu, Senin (29/1). “Secara umum, pertumbuhan ekonomi Konsel terus mengalami peningkatan. Itu dilihat dari perkembangan pasar yang ada saat ini,” ulangnya, senin (29/1).

Sayangnya, pihak Disperindag belum bisa menentukan berapa persen kenaikan pertumbuhan ekonomi tersebut. Pasalnya harus disinkronkan dengan data pada masing-masing bidang, baik perdagangan maupun perindustrian. “Data akuratnya ada di bidang saya. Yang jelas secara umum, sekalipun belum ada data yang dari Badan Pusat Statistik, geliat ekonomi Konsel cukup bagus,” argumennya.

Indikator pertumbuhan pasar sambung dia misalnya dari segi industri kecil menengah, Kabupaten Konsel cukup bagus. “Seperti pembuatan tempe, tahu dan pembuatan keripik. Jadi ini sudah tersebar di pasar-pasar bahkan sampai ke luar Konsel,” sebutnya. Meski demikian, Konsel saat ini masih bergantung pada sektor pertanian. Sehingga ini terus dikembangkan dengan bebagai sektor usaha mikro.

Untuk segi perdagangan, tahun 2017 lalu Pemkab telah membangun pasar rakyat di Kecamatan Basala. “Sumber anggarannya dari APBN yang melekat di kementerian. Kita berharap tahun ini ada peningkatan dan penambahan pasar. Dengan harapan roda perekonomian Konsel tetap berjalan stabil,” harapnya. Masalah harga komoditas jagung misalnya, Pemkab telah bekerja sama dengan Bulog untuk menjamin dan menjaga stabilitas harga. “Yang jelas khusus jagung, itu sudah ada standarnya yakni Rp 3.150 perkilogram,” tutupnya. (c/kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top