Pariwara
Metro Kendari

Objek Wisata Mangrove di Kendari Ditambah

Salah Satu Objek Wisata Tracking Mangrove di Kendari

KENDARIPOS.CO.ID — Komitmen pemerintah untuk melestarikan mangrove di Kota Kendari cukup serius. Tumbuhan yang juga dikenal dengan sebutan hutan bakau itu disulap menjadi area wisata yang menarik untuk dikunjungi oleh masyarakat dengan membangun tracking mangrove.

Setelah Kementerian Kelautan dan Perikanan dengan penyediaan tracking mangrove di Bungkutoko, kemudian ada Tracking Mangrove yang dibangun oleh Kementerian PUPR di Lahundape, lalu ada juga di Purirano oleh Pemkot Kendari, kini giliran Pemprov Sultra yang ambil bagian di kawasan mangrove Kendari Beach.

Kepala Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Pemprov Sultra, Pahri Yamsul mengatakan tracking mangrove di area Kendari Beach itu sudah didesain selama 5 tahun. Pemerintah Provinsi Sultra melakukan pengalihan fungsi lahan dari “taman hiburan” menjadi objek wisata water sport dan tracking mangrove.

“Kita melihat keberhasilan tracking mangrove di daerah lain, bahwa ternyata hutan mangrove ini kalau ditata akan menjadi objek wisata yang menarik, itulah yang kita buat disana,” ujar Pahri Yamsul, Senin (29/1).

Pemprov Sultra membangun kawasan wisata itu dengan dana APBD sebesar Rp 3 miliar. Kini kawasan itu sudah mulai dikunjungi meski belum tuntas seperti desainnya. “Rencana kita itu akan tersambung dengan tracking mangrove depan Hotel Clarion itu,” sambungnya.

Makanya Pemprov kembali mengalokasikan anggaran sebesar Rp 2 miliar untuk penuntasan objek tersebut. Ia berharap aset daerah itu bisa dimiliki bersama masyarakat sehingga bisa dipelihara dengan baik. “Karena ini kita bangun dengan uang rakyat maka mari merawatnya,” tambah Pahri Yamsul.

Soal bagaimana pengelolaannya nanti kata Pahri, Pemprov akan berkoordinasi dengan Pemkot Kendari. “Kalau parkir dan pungutan lain nanti kota yang urus kita hanya membangun saja, karena ini ada dalam kota jadi kota nanti yang mengurus itu,” pungkasnya. (ely/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top