Pariwara
Politik

KPU Verifikasi Dukungan Ganda Calon Perseorangan

Hidayatullah

KENDARIPOS.CO.ID — Tiga pasangan calon (Paslon) jalur perseorangan kini tengah berjuang lolos verifikasi pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Sultra. Dua Paslon di pemilihan wali kota (Pilwali) Baubau yakni Ibrahim Marsela–Ilyas dan Nursalam–Nurman Dani, satu Paslon lainnya Muliati Saiman-Ir Mansyur di pemilihan bupati (Pilbup) Konawe. Untuk bisa mengikuti kontestasi pesta demokrasi lima tahunan ini, para Paslon independen ini harus memenuhi syarat dukungan perseorangan.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra, Hidayatullah mengatakan Paslon perseorangan telah melewati penelitian administrasi dan analisa dukungan ganda. Selanjutnya data ini akan divalidasi kembali oleh panitia pemungutan suara (PPS) di lapangan. Data tambahan berupa dukungan kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) masing-masing Paslon akan diverifikasi lagi.

“Tahap penelitian administrasi Paslon perseorang telah berakhir tanggal 26 Januari lalu. Hasil analisa ini yang dikaji sejak tanggal 18 Januari lalu ini, masih akan diverifikasi faktual. Jadi datanya ini akan dicocokan,” kata mantan Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sultra ini senin (29/1).

Sebagaimana diatur dalam PKPU nomor 2 tahun 2018 tentang perubahan PKPU nomor 1 tahun 2017 mengenai tahapan program dan jadwal pemilihan kepala daerah lanjut pria yang akrab disapa Dayat ini, tanggal 27-29 Januari 2018 akan disampaikan hasil analisis dukungan ganda dan syarat dukungan baik oleh KPU Baubau dan KPU Konawe kepada PPS melalui masing-masing panitia pemilihan kecamatan (PPK).

“Hasilnya akan diteliti secara faktual pada tingkat desa/kelurahan oleh PPS mulai tanggal 30 Januari 2018 sampai 5 Februari 2018. Lalu, pada tanggal 6-7 Februari 2018 akan dilakukan rekapitulasi jumlah dukungan di tingkat kecamatan oleh PPK,” jelasnya

Setelah direkap di tingkatan PPK sambungnya, hasilnya kembali akan direkap secara menyeluruh oleh KPU Konawe maupun KPU Baubau. Sesuai tahapan, pelaksanaan rekap di tingkat KPU dilaksanakan selama dua hari yakni tanggal 8-9 Februari 2018.

“Hasil rekapitulasi ini selanjutnya akan dipublikasikan tanggal 12 Februari 2018 atau bersamaa rapat pleno penetapan Paslon baik dari dukungan Parpol maupun dukungan perseorangan akan ditetapkan lolos sebagai Paslon atau tidak,” pungkasnya. (b/wan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top