Pariwara
Metro Kendari

Jembatan Baruta Butuh Rp 1,2 Triliun, Kepala Bappeda: 2019 Sudah Mulai Dibangun

Drs. H. Muh. Nasir A. Baso, MM

KENDARIPOS.CO.ID — Harapan Gubernur Sultra nonaktif, Nur Alam agar Jembatan Baruta terealisasi sudah mulai ada titik terang. Jembatan yang diinisiasinya sejak kepemimpinannya di periode pertama sudah ditanggapi serius oleh pemerintah pusat. Akhir pekan lalu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PU-Pera) datang dan meninjau langsung rencana lokasi pembangunan jembatan yang menghubungkan Pulau Muna dan Pulau Buton itu.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sultra, Muh Nasir Andi Baso mengatakan, upaya Pemprov Sultra untuk meyakinkan pemerintah pusat akan pentingnya pembangunan Jembatan Baruta terus dilakukan. Olehnya itu, pemerintah pusat mulai menempatkan megaproyek itu sebagai proyek strategis dalam perencanaan nasional. “Tim pusat dan provinsi sudah meninjau lokasi jembatan yang menghubungkan Pulau Buton dan Pulau Muna itu,” ungkap Nasir, senin (29/1).

Tim tersebut lanjut dia antara lain, Ir. Iwan Zakarsi Direktur Jembatan, Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Kepala Balai Jalan dan Jembatan Sulawesi Ir. Achmad Cahyadi, Plt Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga Provinsi Sultra, Rundubeli Hasan dan sejumlah pejabat lain yang mendampingi. “Setelah cek lokasi, tim pusat alhamdulilah sangat antusias. Mereka tertarik dan Insyaallah turut mendukung,” optimisnya.

Mantan Kepala Inspektorat itu menambahkan, selain mendapat dukungan dari pemerintah pusat, jembatan yang akan memiliki panjang kuramg lebih 800 meter itu sudah terlebih dulu mendapat dukungan penuh dari anggota DPR-RI dapil Sultra. “Ini sudah dibahas beberapa kali dalam rapat di tingkat rakortek. Sehingga tahun 2019 diharapkan pekerjaan fisik konstruksi sudah bisa dimulai. Itu setelah selesainya jembatan Teluk Kendari dan Bendungan Ladongi,” paparnya.

Lebih jauh dia menjelaskan, untuk sementara anggarannya diestimasi sebesar Rp 1,2 triliun. Selanjutnya kata dia siapapun gubernur terpilih pengganti Nur Alam nantinya, harapan besar masyarakat Sultra agar impian bersama tersebut bisa diperjuangkan dan ditindaklanjuti. “Karena dengan adanya jembatan tesebut maka dari aspek konektivitas transportasi akan berimbas terhadap roda perekonomian masyarakat yang akan semakin membaik sekaligus akan mengurangi ketimpangan antar wilayah,” pungkasnya. (b/ely)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top