Pariwara
Kolaka Timur

Hutan Koltim Rusak, DLH Mulai Reboisasi

Muh. Isa Benhurgaran

KENDARIPOS.CO.ID — 5.000 bibit pohon mahoni kini disediakan pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim). Langkah pengadaan tersebut untuk mengantisipasi kerusakan lingkungan hutan yang sudah mulai dirasakan warga. Salah satu efeknya, ketersedian air bersih yang debitnya mulai berkurang saat kemarau. Sebaliknya, ketika musim penghujan, erosi juga terjadi.

Kepala DLH Koltim, Muh. Isa Benhur, mengatakan, ribuan pohon bibit mahoni disediakan untuk mereboisasi area kerusakan lahan di sekitar PDAM dan perkantoran Pemkab Koltim. Pengadaan bibit mahoni tersebut sudah masuk dalam anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) 2018, melalui jalur dana alokasi umum (DAU). Menurut mantan Sekdis Bappeda Koltim ini, tanaman mahoni bisa berfungsi sebagai penyimpan air lebih banyak dan menahan erosi. Makanya DLH memilih untuk merehabilitasi menggunakan pohon tersebut. Selain itu masa tumbuh pun juga lebih cepat dari tanaman lainnya.

“Kita reboisasi secara bertahap untuk mengantisipasi longsor dan kerusakan lingkungan. Kalau tahun ini sekitar perkantoran Pemkab Koltim dan PDAM, berikutnya di Kecamatan Lalolae dan Tinondo. Mudah-mudahan dengan seringnya melakukan rehabilitasi lahan, debit air bisa kembali normal,” jelasnya, Senin (29/1).

Dikonfirmasi terpisah, Direktur PDAM Koltim, Suryo, mengaku jika selama ini ketersedian air ketika musim kemarau sudah semakin berkurang. “Apalagi kalau musim penghujan, pasokan dari sumber mata air sangat kotor, sehingga petugas PDAM kerap kali menunggu air bersih bersih kembali normal baru dialirkan ke pipa induk. Memang faktor kerusakan hutan di Koltim sudah mulai dirasakan warga,” ungkapnya. (b/kus)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Most Popular

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top