Pariwara
HEADLINE NEWS

Hado Hasina Pimpin Baubau, Besok Dilantik Jadi Pj Wali Kota

ILUSTRASI: FAHRI ASMIN/KENDARI POS
GRAFIS: LD. KURNIAWAN/KENDARI POS

KENDARIPOS.CO.ID — Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) resmi menunjuk Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Sultra, Hado Hasina menjadi Pj Wali Kota Baubau. Hal itu tertuang dalam surat keputusan Mendagri, nomor: 131-74-116 tahun 2018. Rencananya, besok (31/1), dia akan dilantik oleh Plt Gubernur Sultra, HM Saleh Lasata di Pemprov Sultra.

Kepala Biro Pemerintahan Sekretariat Daerah Provinsi Sultra, Laode Ali Akbar mengaku sudah mengantongi SK Hado Hasina sebagai Pj Wali Kota Baubau. Pihaknya juga sudah menyiapkan acara pelantikan. “Sekitar 200 undangan sudah disebar. Pelantikannya digelar 31 Januari 2018,” ungkap Ali Akbar, senin (29/1).

Dia menambahkan, pihak yang diundang adalah Forkopimda Baubau, SKPD Baubau, DPRD Baubau, Forkopimda Sultra serta beberapa pejabat lainnya. “Semuanya sudah dalam persiapan. Bersangkutan (Hado Hasina,red) akan memimpin Baubau sampai ada wali kota definitif,” jelasnya.

Sekretaris Dirjend Otda Kemendagri, Ansel Mustan membenarkan kalau SK Pj Wali Kota Baubau sudah terbit. Kepada Hado Hasina, dirinya minta supaya menjalankan tugas dengan baik serta bersikap netral saat pilkada. “Pj itu tugasnya menyukseskan pilkada. Jadi, dalam menjalanlan tugas harus tetap melihat rambu-rambu dan pastinya harus bersikap netral,” pesannya.

Sementara itu, meski sudah ditetapkan Pj wali Kota Baubau, Hado Hasina masih tetap irit komentar. Mantan Kadis PU Butur ini memilih menunggu usai pelantikan baru menyampaikan apa saja yang akan dilakukannya nanti. Hanya saja, secara umum dirinya sudah siap mengemban amanah tambahan tersebut. “Pastinya, kami akan memfasilitasi dan menyukseskan pelaksanaan pilwali Baubau,” komitmennya.

Sebelumnya, Sekretaris Provinsi Sultra, Lukman Abunawas juga berharap agar Hado Hasina menjaga netralitas PNS dalam pagelaran pilwali Baubau nanti. Pj wali kota kata dia hanya bertugas untuk menjalankan roda pemerintahan bukan untuk berpolitik. “Jaga netralitas saja, karena Baubau akan memilih wali kota definitif,” katanya.

Hado Hasina memang harus dilantik 31 Januari, besok. Sebab, jabatan AS Tamrin dan wakilnya Waode Maasra Manarfa bakal berakhir di hari yang sama. Sesuai aturan, tidak boleh ada kekosongan pemerintahan. Sebagai tambahan, selain Hado Hasina, nama lain yang juga masuk bursa Pj wali Kota Baubau sebelumnya adalah Kepala Dinas Kominfo Sultra, Kusnadi dan Karo Ortala Pemprov Sultra, Haris Lamarundu. (b/yog/ely)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top