Pariwara
Metro Kendari

BKD Sultra Usul 20 Jabatan di Seleksi CPNSD

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Kabar soal adanya rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah(CPNSD) tahun ini nampaknya bukan hoax. Pemerintah daerah sudah menerima instruksi langsung dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB). Instruksi itu terkait usulan kebutuhan CPNSD lengkap dengan formasi kebutuhannya masing-masing.

Hal itu dibenarkan Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sultra, Nur Endang Abbas. Dia mengaku baru saja kembali dari Jakarta untuk menghadiri rapat membahas soal CPNS itu. “Setelah rapat dengan Kemenpan-RB akhirnya disetujui akan ada penerimaan tahun 2018 ini. Hasil rapat ini akan diajukan ke presiden untuk menjadi Kepres nantinya,” ujar Nur Endang Abbas di temui di kantor Gubernur Sultra, Senin (29/1).

Berapa kuota CPNSD untuk Sultra, Nur Endang mengaku belum merampungkan semua perhitungannya. Sebab, data yang diusulkan 2014 lalu mengalami banyak perubahan karena adanya sejumlah PNS yang pensium selama moratorium seleksi CPNS. “Kita masih melakukan perhitungan. Sekarang masih dikembalikan ke daerah dulu, berapa yang dibutuhkan. Nanti Menpan dan kementerian keuangan yang sesuaikan dengan kondisi anggaran kita,” papar Nur Endang.

Meski kuotanya belum jelas, Pemprov sudah mengestimasi ada sekita 20 jabatan yang akan diusulkan pada seleksi CPNSD tahun 2018. Pemprov kata Nur Endang membutuhkan banyak tenaga ahli. Misalnya, dokter ahli, analis pengadaan barang dan jasa, analis eksplorasi tambang, analis kebijakan anggaran, peneliti, guru SLB dan lainnya. Saat ini BKD masih melengkapi sejumlah kompetensi untuk kelengkapan dokumen usulan itu.

“Kalau keahlian yang saya sebutukan tadi sudah disetujui pusat, tinggal kompetensinya apa saja misalnya lulusan SMA atau S3 yang kita butuh itu. Misalnya dokter ahli, itu pusat maunya S3 tapi kita tidak masalah S2 nanti kita sekolahkan lagi, sama halnya dengan pemulas jenasah itu cukup lulusan SMA saja,” jelas Ketua Dharma Wanita Persatuan Sultra ini.

Lebih lanjut mantan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak Sultra itu memastikan Senin (29/1) pihaknya sudah akan mengirim file itu ke kementerian melalui surat elektronik (e-mail). “Kita sudah rapatkan juga di internal Pemprov soal kebutuhan itu. Sebentar (senin,red) saya kirim kebutuhan kita. Kuotanya nanti kita sampaikan lagi, yang jelas saya usulkan 20 jabatan. Berapa orang per jabatan itu, nanti pemerintah pusat yang pertimbangkan,” pungkasnya. (ely/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top