Pariwara
Buton Tengah

Bappeda Buteng Kembangkan Wilayah Terpadu

KENDARIPOS.CO.ID — Wacana pengembangan wilayah terpadu kini sedang digagas Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Buton Tengah (Buteng). Konsep tersebut diharapkan akan mendorong kegiatan pembangunan daerah lebih baik. Langkah tersebut dilakukan untuk mewujudkan visi pemerintah kabupaten (Pemkab). Kepala Bappeda Buteng, La Ode Syamsuddin Pamone, mengatakan, tahun 2018 ini, pihaknya akan menerapkan pembangunan berbasis skenario pengembangan wilayah terpadu.

Artinya, keunggulan potensi sumber daya alam yang tersebar disetiap kecamatan akan akan dikembangkan secara simultan, baik itu bidang pertanian, perikanan maupun pariwisata. “Saat ini kami masih mengumpulkan data sebagai dasar untuk mengukur progres pembangunan yang dilakukan. Utamanya terkait upaya yang dilakukan untuk meningkatkan potensi alam sehingga ekonomi masyarakat akan tumbuh sesuai harapan,” ungkapnya, Senin (29/1).

Syamsuddin menjelaskan, konsep yang dikembangkan itu tentu tak dapat terwujud sekaligus, tapi dilaksanakan secara bertahap. Namun pihaknya akan memastikan perkembangan pembangunan yang dilakukan oleh semua instansi terkait. “Intinya, terjadi peningkatan jika dibandingkan kondisi sebelumnya, ujarnya. Selain itu, infrastruktur jalan juga harus ditingkatkan untuk menopang pelaksanaan pembangunan berbasis skenario pengembangan wilayah terpadu. Dengan akses jalan yang bagus maka potensi pertanian, perikanan dan pariwisata akan makin berkembang.

“Apalagi, tahun ini Pak Bupati (H. Samahuddin) menggenjot pembangunan infrastruktur jalan,” katanya. Dia mengungkapkan tahun ini pihaknya akan memastikan fokus pengembangan potensi alam di wilayah Buteng. Seperti Dinas Pariwisata yang akan lebih memperhatikan salah satu potensi wisata yang ada. Mungkin tahun ini, bisa lebih memperhatikan sarana prasarana dasar di Pantai Mutiara. “Kemudian, untuk potensi perikanan bisa meningkatkan pengolahan ikan teri di Waburense. Sementara untuk Dinas Pertanian dan Perkebunan bisa berkonsentrasi pada potensi mete dan sebagainya,” tutupnya. (c/myu)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top