Pariwara
Buton Tengah

Tiap Lingkungan di Buteng Miliki Bak Sampah

MUHAMMAD YUSUF/KENDARI POS
Lurah Watulea, Muksin (kiri) saat turun melakukan kerja bakti pada lokasi yang selama ini digunakan masyarakat untuk membuang sampah.

KENDARIPOS.CO.ID — Masyarakat Kelurahan Watulea, Kecamatan Gu, Buton Tengah (Buteng) telah memiliki kesadaran dalam penanganan sampah. Terbukti, setiap lingkungan (RT) di kelurahan itu telah memiliki satu bak sampah. Sarana tersebut disediakan setelah pemerintah kelurahan mendapat bantuan dua unit motor yang didukung sebuah truk untuk mengangkut sampah.

Kepala Lurah Watulea, Muksin, mengatakan, penanganan masalah sampah membutuhkan kesadaran semua lapisan masyarakat. Warganya diharapkan tidak membuang sembarangan, apalagi di laut. “Masyarakat kita sudah sadar dengan membuang sampah yang jauh dari pemukiman. Namun kendala selama ini belum ada fasilitas yang disediakan, namun hal ini akan kita tertibkan. Pasalnya, kita sudah didukung dengan fasilitas memadai,” ungkapnya, akhir pekan lalu.

Sesuai koordinasi antara pemerintah kecamatan dan lurah dengan Dinas Lingkungan Hidup, yang disetujui masyarakat terkait lokasi tempat pembuangan akhir sementara, disepakati berada di area jalan poros Mawasangka-Metere. Kemudian, pihaknya, juga akan segera menyosialisasikan hal tersebut pada semua lapisan masyarakat.

“Kami akan melaksanakan rapat bersama tokoh masyarakat dan adat, terkait masalah penanganan sampah ini, apalagi kita fasilitasnya sudah tersedia. Selain itu, kami juga akan membahas sanksi yang akan diberikan jika ada masyarakat ketahuan membuang di sembarang tempat. Kami berharap sanksi ini bisa memberikan efek bagi masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, Kabid Persampahan dan Limbah B3, Dinas Lingkungan Hidup, Mustamin, mengungkapkan, selain meningkatkan kesadaran masyarakat, kerja bakti dilaksanakan sebagai rangkaian untuk memperingati hari persampahan nasional yang jatuh setiap tanggal 21 Februari. Pihaknya akan mengajak semua masyarakat di Buteng agar lebih peduli terhadap sampah. “Saat ini kami menggagas pelaksanaan kerja bakti untuk membersihkan tempat yang selama ini digunakan untuk sampah. Pasalnya tempat pembuangan akhir sementara sudah disediakan. Ke depan kami akan mengajak untuk melakukan pemilahan antara organik dan nonorganik. Termasuk untuk mengolah menjadi kompos atau aneka kerajinan kreatif lainnya,” tutupnya. (c/myu)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top