Pariwara
Kolaka

Rp 100 Juta Sertifikatkan Lahan Pemkab Kolaka

KENDARIPOS.CO.ID — Banyak lahan, aset Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka diketahui belum bersertifikat. Melalui bagian pemerintahan, kini sedang ditempuh upaya melegalkan lahan-lahan tersebut. Tercatat masih ada sekitar 20 persen kawasan pemerintah yang belum bersertifikat. Kabag Pemerintahan Setkab Kolaka, Arifin Jamal, mengatakan, di tahun 2018 ini pihaknya menyiapkan anggaran Rp 100 juta untuk kepentingan tersebut.

“Saat ini tersisa kurang dari 100 kapling lahan yang belum bersertifikat. Meskipun terbilang cukup banyak, namun kami optimis dalam waktu dekat seluruh lahan milik Pemkab Kolaka sudah bersertifikat. Kami targetkan tuntas tahun 2019. Tahun ini, kami fokuskan pada penyertifikatan lahan di sarana pendidikan,” ujarnya, minggu (28/1).

Mantan Camat Latambaga itu menuturkan, pihaknya tidak dapat merampungkan lahan yang belum bersertifikat di tahun ini. Alasannya, Badan Pertanahan Nasional (BPN) selaku pihak yang mengeluarkan sertifikat memiliki tenaga terbatas. Sedangkan dalam mengeluarkan sertifikat itu tidak dapat dilakukan dalam waktu sehari. “Kendalanya bukan tidak ada uang, tapi karena lahan Pemkab yang belum bersertifikat masih banyak, sedangkan tenaga di BPN terbatas. Selain itu, jika BPN mau keluarkan sertifikat, maka harus tinjau lokasi. Jadi itu tidak bisa dilakukan dalam satu hari, apalagi bukan hanya Pemkab saja yang mau dibuatkan sertifikat,” jelas Arifin. (c/fad)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Most Popular

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top