Pariwara
HEADLINE NEWS

Puting Beliung Ratakan 4 Rumah di Konkep, 7 Rusak Ringan

Tim Dinas Sosial Konkep saat turun langsung melihat rumah warga. Foto : Usan/Kendari Pos.

KENDARIPOS.CO.ID — Empat rumah warga di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) dihantam puting beliung, Senin (29/1/2017) dini hari. Berdasarkan data yang dihimpun Kendari Pos, tiga rumah rusak parah di Desa Lamongupa, Kecamatan Wawonii Tengah dan satu rumah di Kelurahan Lapulu, Kecamatan Wawonii Timur.

“Itu yang parah rata dengan tanah. Kalau tujuh rumah lainnya rusak ringan atau hanya atapnya yang diterbangkan angin,” kata Kepala Dinas (Kadis) Sosial Konkep, Muh. Rustam Arifin, saat mengunjungi warga yang terkena musibah angin puting beliung di Desa Lamongupa, Senin (29/1).

Dia mengatakan, pihaknya hanya melakukan pendataan fisik bangunan saja yang terkena musibah alam. Untuk ganti rugi rumah rusak merupakan bagian dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). “BPBD yang rinci anggaran kerusakannya. Nanti setelah dari lapangan saya akan laporkan sama pimpinan. Dan menunggu langkah selanjutnya,” jelasnya.

Rustam menghimbau masyarakat waspada dengan musibah alam karena kondisi cuaca ekstrim yang terjadi antara Bulan Februari dan Maret. “Di bulan itu sering terjadi abrasi dan naiknya air laut. Saya himbau, masyarakat terus waspada dengan datangnya peristiwa alam ini,” tutupnya.

Sementara itu, Salna, salah seorang korban puting beliung menjelaskan peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 02.10 Wita dini hari. Saat kejadian dia sedang tertidur pulas. “Awalnya hujan, tiba-tiba terdengar suara angin. Saya langsung membangunkan anak dan berlari keluar dari rumah,” kata Salna, saat ditemui di kediamanya, yang sudah rata dengan tanah. (san)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top