Pariwara
Muna

Muna tak Punya Terminal Layak

ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Jika meninjau kesiapan infastruktur dasar di Sultra, maka Kabupaten Muna bisa dikategorikan cukup minim. Meski usia otorita dalam kendapi pemerintah Bupati, LM Rusman Emba tersebut sudah lebih setengah abad, namun masyarakat belum sepenuhnya tersentuh pembangunan, seperti kabupaten seusianya. Selain pasar dan rumah sakit umum, Muna juga punya terminal penumpang yang masih di bawah standar layak.

Kepala Dinas Perhubungan Muna, La Oba, mengakui, jika fasilitas terminal Laino belum memadai. Terminal tipe C itu masih terlihat kumuh dan tidak terawat. “Di (terminal) Laino itu memang jauh di bawah standar. Terutama jalan masuk dan pelatarannya,” jelasnya, akhir pekan lalu. Akibat minim fasilitas itu, Terminal Laino juga tak memberi sumbangsih bagi pendapatan asli daerah (PAD) yang maksimal. Banyak kendaraan angkutan memilih parkir di terminal bayangan.

“Satu bulan hanya Rp 1 juta PAD terminal,” sambung. Untung saja, tahun ini terminal satu-satunya di Muna itu mendapat suntikan dana sebesar Rp 800 juta dan akan digunakan untuk membenahi akses jalan masuk dan area parkir angkutan. “Anggaran itu, jauh dari cukup. Hanya dimaksimalkan saja dulu yang ada,” kata mantan Kepala BLH Muna tersebut.

Pemkab sebenarnya sangat berharap rencana pembangunam terminal tipe B dari Dinas Perhubungan Sultra dapat terlaksana tahun ini. Untuk lahan, sudah disiapkan seluas satu hektare di Kecamatan Kontunaga. “Tapi saya masih akan pastikan dulu,” sebutnya. Jika terminal tersebut tuntas, selain pendapatan, penataan angkutan juga dapat dilakukan terpusat terutama untuk rute antar kabupaten. Dengan demikian, terminal bayangan maupun angkutan ilegal dapat ditertibkan. “Itu untuk rute Raha-Kambara, Raha-Wamengkoli ataupun AKDP lain,” pungkasnya. (c/ode)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top