Pariwara
Metro Kendari

Hado Hasina Siap Terima Amanah

Hado Hasina

KENDARIPOS.CO.ID — Masa jabatan AS Tamrin sebagai Wali Kota Baubau bakal berakhir 31 Januari 2018. Surat keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) tentang penggantinya sebenarnya sudah ada. Hanya belum disampaikan secara resmi ke pemerintah provinsi (Pemprov) Sultra.

“SK sudah ditandatangani. Tinggal dikirim saja ke Pemprov Sultra,” ungkap Soni Sumarsono, Dirjend Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri, minggu (28/1). Dia mengaku, proses Pj Wali Kota Baubau tinggal menunggu pelantikan saja. “Di kita (Kemendagri, red) sudah selesai. Sekarang prosesnya akan kembali ke daerah utuk dilakukan pelantikan,” jelasnya.

Dia menegaskan, sesuai aturan sebelum masa jabatan berakhir, harus sudah ada penggantinya. “Tidak boleh ada kekosongan pemerintahan. Makanya, harus segera dilantik pengganti (Pj wali kota,red),” katanya.

Diinternal Pemprov Sultra, nama Hado Hasina dikabarkan yang akan menggantikan AS Tamrin. Rencananya, Kadis Perhubungan Sultra ini bakal dilantik 31 Januari 2018.

Kabar itu dihembuskan Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sultra, Lukman Abunawas. Dalam sebuah acara di Baubau, Sabtu lalu (27/1), dia menyebut Kadishub, Hado Hasina akan menggantikan AS Tamrin. “31 Januari sudah akan dilantik,” ujarnya.

Ketua KONI Sultra itu juga sudah menitip harapan agar Hado Hasina menjaga netralitas PNS dalam pagelaran pilwali Baubau nanti. Hado Hasina kata dia hanya bertugas untuk menjalankan roda pemerintahan bukan untuk berpolitik. “Jaga netralitas saja, karena Baubau akan memilih wali kota definitif dalam pilkada nanti,” sambungnya.

Saat dikonfirmasi soal kabar tersebut, Hado Hasina belum mau berkomentar banyak. Pasalnya, dirinya belum menerima informasi resmi dari pimpinan.
Meski begitu, soal kesiapan Hado mengaku siap mengemban amanah jika dipercaya untuk menakhodai Baubau hingga ada pasangan wali kota terpilih nantinya. “Insyaallah saya siap kalau diamanahkan untuk mengemban tugas tambahan tersebut,” ujarnya saat dihubungi, minggu (28/1).

Sementara itu, Kepala Biro Pemerintahan Setprov Sultra, La Ode Ali Akbar sejak Jumat (26/1) sudah berada di Kementerian Dalam Negeri untuk menjemput SK Pj Wali Kota Baubau. Hanya saja Ia belum mengantongi dokumen yang ditunggu itu. “Mungkin Senin (hari ini,red) sudah ada SK-nya. Nanti kita sampaikan kalau sudah ada,” imbuhnya.

Sebelumnya, berdasarkan informasi dari internal Kemendagri, SK Pj Wali Kota Baubau sudah terbit sejak 24 januari lalu. Nomor suratnya adalah No:131-74-116 tahun 2018. Hal itu juga dibenarkan Kepala Pusat Penerangan Kemendagri, Arif. Sebagai tambahan, selain Hado Hasina, nama lain yang juga masuk bursa adalah Kepala Dinas Kominfo Sultra, Kusnadi dan Karo Ortala Pemprov Sultra, Haris Lamarundu. (b/ely)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top