Pariwara
Ekonomi & Bisnis

Gerai Mahkota Tenun Hadir di Clarion Hotel Kendari

Penuhi Kebutuhan Pengunjung: Owner Mahkota Tenun Hj. Endang (tiga kanan), menyerahkan nasi tumpeng pada GM Grand Clarion Hotel Kendari, Yuddi Handiaman, sebagai simbol pembukaan Gerai Mahkota Corner di Grand Clarion Hotel Kendari. Foto: Sulis/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Gerai Mahkota Tenun, kini eksis kembali di Grand Clarion Hotel Kendari. Menariknya, Mahkota hadir dengan desain baru, yakni tampil unik berada di pojok bawah, berdekatan dengan receptionis, makanya disebut Mahkota Corner. Tak sedikit pengunjung Hotel, yang ingin melakukan selfie di Corner Mahkota. Akhir pekan lalu, Mahkota Corner syukuran di tempat barunya, dengan harapan bisa menjawab kebutuhan oleh-oleh tamu hotel atau pengunjung lainnya.

Owner Mahkota tenun, Hj.Endang mengatakan, sebenarnya Mahkota sudah pernah buka di Clarion Hotel, hanya saja saat itu tidak selengkap sekarang. Pasalnya Corner Mahkota bukan hanya menyediakan kain tenun saja, tapi sejumlah souvenir juga tersedia. Masalah harga jangan khawatir, meski berada di hotel berbintang harga tetap standar, yakni mengikuti standar yang berlaku di Mall Mandongan Kendari. “Kalau kain tenun satu lembar Rp 120 ribu, di Corner Mahkota tetap kami jual dengan harga sama, begitu pun dengan souvenir lainnya,” terang Hj.Endang pekan lalu, sambil melayani beberapa pengunjung yang ingin Selfie di tempat barunya itu.

Dibukanya Corner Mahkota, menjawab kebutuhan para pengunjung hotel yang selama ini susah mendapatkan kain tenun atau souvenir lainnya yang memiliki corak khas Sultra. Ada beberapa kain tenun di pajang di Corner Mahkota baik itu adat Tolaki, Muna, Wakatobi, Bombana atau Buton. Setiap pengunjung pun yang ingin selfie dibolehkan menggunakan ikon dari daerahnya masing-masing.

Bisa memiliki Corner di Hotel Clarion, tentunya sebuah kebanggaan bagi Hj.Endang. Usaha yang dimulainya dari satu unit kios, itu kini sudah memiliki show room di Mall Mandonga, bahkan kini menempati sebuah gerai di hotel mewah. Hal tersebut tentunya karena keuletan pemiliknya.

Dari menjual kain tenun inilah, Hj Endang bisa terkenal hingga beberapa daerah sampai ibu kota negara, bahkan sering didaulat menjadi juri dalam beberapa kompetisi kegiatan yang terkait dengan tenunan. Begitu dalam berbagai event besar, baik di Kendari ataupun di Jakarta, pemilik Mahkota Tenun ini sering dilibatkan. “Dari tenun kehidupan saya bisa lebih baik, dari tenun saya bisa lebih bermanfaat untuk sesama, dari kain tenun pula saya bisa membahagiakan banyak orang,” tutur Hj. Endang.

Wanita paruh baya ini pun punya keinginan besar dibalik bisnisnya yang kian sukses tersebut. Yakni dirinya bisa memiliki bengkel tenun yang bisa lebih besar lagi dari yang dimilikinya saat ini. Orientasinya tentunya bukan hanya ingin meraup keuntungan pribadi, namun ingin memberdayakan para pengrajin. Di lain sisi, bila produk lokal banyak, tentunya ia tidak perlu mendatangkan dari daerah lain. (lis/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top