Pariwara
Konawe

UMKM di Konawe Serap 7.924 Tenaga Kerja

Ansarullah

KENDARIPOS.CO.ID — Dalam beberapa tahun terakhir, usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Konawe telah menyerap 7.924 tenaga kerja. Tercatat di Dinas Perdagangan, Industri, dan Koperasi (Disperindagkop) setempat, jumlah UMKM yang tumbuh telah mencapai 5.730 usaha. Olehnya itu, sektor UMKM ini menjadi salah satu unggulan dalam penyerapan tenaga kerja di daerah yang dijuluki lumbung beras tersebut.

Kepala Disperindagkop Konawe, Ansarullah mengatakan, sektor UMKM sangat cocok untuk masyarakat menengah, karena mudah dikembangkan warga dan tak harus memiliki modal besar, sehingga sangat membantu menjalankan roda ekonomi di daerah.

“Semakin banyak UMKM, artinya perputaran roda perekonomian akan semakin baik, karena semua masyarakat dapat menjadi konsumen dan produsen, yang artinya interaksi ekonomi selalu terjadi,” terangnya. Menurutnya, perkembangan UMKM tersebut juga tak lepas dari upaya pemerintah yang selama ini menjadi salah satu pendorong perekonomian daerah. “Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah sebagai bagian dari strategi mendorong pertumbuhan perekonomian daerah, yakni melalui upaya peningkatan kapasitas UMKM di tingkat kecamatan dan kabupaten,” ujarnya.

Dia menyebutkan, dalam masyarakat saat ini sudah ada 3.558 usaha mikro yang menyerap tenaga kerja 1.082 orang, lalu 1.965 usaha kecil, mampu menyerap tenaga kerja 5.738 orang, kemudian 210 usaha menengah, 1.104 serapan tenaga kerja. Sehingga total ada 5.730 UMKM, dengan serapan 7.924 tenaga kerja. “Sektor UMKM ini ikut mengurangi pengangguran di Konawe. Jika penyerapan tenaga kerja sektor UMKM ini terus meningkat, maka akan bisa mengentaskan angka kemiskinan di daerah,” tandasnya. (b/hel)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top