Pariwara
Politik

Lagi, Empat PNS di Kolaka Terancam Dijatuhi Sanksi

KENDARIPOS.CO.ID — Keterlibatan ASN dalam Pilkada Kolaka cukup memperihatinkan. Saat ini, empat ASN Pemkab Kolaka kembali terancam mengikuti jejak sebelas rekannya yang dinyatakan melanggar Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Laporan keterlibatan mereka dalam deklarasi salah satu pasangan calon (Paslon) bupati dan wakil bupati Kolaka kini tengah ditangani panitia pengawas Pemilu (Panwaslu) Kolaka.

Ketua Panwaslu Kolaka, Juhardin mengaku masih melakukan pengkajian terhadap temuan tersebut. Namun ia memastikan dalam waktu dekat berkas laporannya akan segera dirampungkan. “Kami butuh waktu dua sampai tiga hari untuk menyelesaikan kajian ini. Setelah itu, baru kami keluarkan rekomendasi ke pihak yang berwenang agar para ASN diberikan sanksi sesuai dengan pelanggarannya,” beber Juhardin, kepada Kendari Pos.

Saat melakukan penyidikan, Panwas telah memanggil ASN untuk dimintai keterangan. Dari keterangan tersebut, mereka mengakui menghadiri acara deklarasi tersebut. “Mereka mengaku hadir. Tapi mereka juga mengaku tidak tahu kalau ada aturan yang melarang ASN mengikuti deklarasi,” tuturnya.

Tidak hanya ASN, pihaknya juga melakukan pemanggilan pada dua kepala desa (Kades). Pasalnya, dua Kades ini juga ketahuan menghadiri deklarasi salah satu kandidat. Berdasarkan hasil klarifikasi, kedua oknum ini terbukti melakukan pelanggaran.

Seperti diberitakan sebelumnya empat ASN Pemkab Kolaka dan dua kades diduga melanggar peraturan dengan menghadiri deklarasi salah satu Bapaslon. Saat ini, mereka disangkakan melanggar Undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang ASN pasal 2 huruf f dan pasal 3 huruf b. Selain itu, mereka menyalahi Peraturan Pemerintah (PP) nomor 53 tahun 2010 tentang disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS). Larangan ini dijelaskan pasal 3 angka (4), pasal 4 angka (1). Sementara Kades dianggap melanggar UU nomor 6 tahun 2014 tentang desa di pasal 24 dan pasal 29. (b/fad)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top