Pariwara
Konawe Kepulauan

Butuh Rp 350 M Tuntaskan Jalan Lingkar di Konkep

MURSALIN/KENDARI POS
Bupati Konkep, H. Amrullah (kiri) didampingi Kadis PU, Israwan Sulpa saat meninjau progres pengaspalan jalan lingkar di Desa Batulu, Kecamatan Wawonii Tenggara.

KENDARIPOS.CO.ID — Sulit bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepulauan (Konkep) untuk menuntaskan proyek jalan lingkar Pulau Wawonii, jika mengacu pada rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) yang sudah ditetapkan. Dalam draf itu, pengaspalan jalan hanya diplot 10 kilometer setiap tahun dengan menghabiskan anggaran Rp 35 miliar. Saat ini jalan lingkar Pulau Wawonii yang menghubungkan seluruh kecamatan di Bumi Kelapa itu, masih tersisa 100 kilometer.

Bupati Konkep, H. Amrullah, tidak bisa menjamin jalan lingkar tersebut akan seluruhnya teraspal. Tetapi Konkep-1 itu optimis, hingga periode pertamanya ini akan menuntaskan 50 kilometer jalan lingkar Pulau Wawonii untuk diaspal. “Kita tinggal liat kondisi tanahnya yang stabil untuk dilakukan pengaspalan jalan,” kata Bupati Konkep, H. Amrullah saat ditemui, Jumat (26/1).

Saat ini ia terus menelaah infrastruktur mana yang tak begitu prioritas, agar anggaran infrastruktur jalan bisa terus bertambah. “Jalan yang kami aspal itu, dua jalur. Masih butuh anggaran sekitar Rp 350 miliar lagi untuk mengaspal seluruh jalan lingkar Pulau Wawonii. Anggaran pembuatan drainase kami akan alihkan untuk pengaspalan jalan dulu, karena drinase belum begitu prioritas. Kalau jalan ini sudah teraspal, pasti warga tidak akan kesusahan lagi,” ujar Ketua KONI Konkep itu.

Ditahun 2018 ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) juga mengucurkan anggaran Rp 10 miliar untuk perbaikan infrastruktur di bawah otoritanya. “Dari Rp 10 miliar itu, Rp 4 miliarnya kami akan pakai untuk pengaspalan jalan Langara-Lampeapi,” terang Amrullah. Di tempat terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Konkep, Israwan Sulpa, berharap ada dana alokasi umum (DAU) dan dana alokasi khusus (DAK) yang bisa diturunkan untuk mengaspal jalan di Pulau Wawonii.

“Saya berharap, DPRD Konkep juga bisa menyetujui progaram-program utama Dinas PU. Tetapi kami sebagai instansi terkait terus berupaya memaksimalkan dana yang ada. Walaupun harus menyesuaikan dengan anggaran pendapatan belanja daerah,” ujarnya. Menurut Israwan, meski belum teraspal semua, saat ini ada beberapa ruas jalan yang terus dikerja, seperti poros Lansilo, Palingi. “Alhamdulillah jalan lingkar kita saat ini, sudah terbilang bagus. Meski belum teraspal semua. Tetapi kami terus berupaya untuk berikan yang terbaik,” jelasnya. (b/san)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top