Pariwara
Bombana

Banyak ASN Bombana Manipulasi Data Absensi

KENDARIPOS.CO.ID — Kedisplinan aparatur sipil negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bombana, dinilai masih minim. Meski telah menggunakan sistem absensi ceklok, masih ada saja yang diketahui berusaha memanipulasi tingkat kehadirannya. Makanya, dalam waktu dekat, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pemkab Bombana, akan menerapkan sistem absensi online yang terintegrasi langsung ke instansi tersebut. Langkah itu dilakukan untuk meminimalisir kecurangan yang dilakukan oknum ASN.

Kondisi tersebut diungkapkan langsung Kepala BKPSDM Pemkab Bombana, Rusman Idja. “Selama ini semua seperti sudah rajin. Tapi setelah dilihat akumulasi cekloknya, masih banyak yang belum jujur karena ada manipulasi data. Makanya, kami akan buat ceklok online untuk mengontrol seluruh ASN lingkup Pemkab,” tegasnya, jumat (26/1). Ia menjelaskan, sistem kerja ceklok online di BKPSDM akan terintegrasi dengan absensi digital pada setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Ibaratnya, ceklok online ini menjadi kontrol absensi disetiap OPD. Agar tak ada lagi ASN yang bermain dengan rekaman data kehadiran. Bisa diawasi, masuknya sesuai waktu atau tidak. Begitu juga saat jam istirahat dan pulang. Tentunya kami harapkan kesadaran ASN. Karena biarpun kita ekstra mengontrol, kalau tak ada kesadaran, percuma,” imbau Rusman Idja.

Meski demikian, mantan Kadisnakertrans Pemkab Bombana itu mengakui, penerapan sistem ceklok online masih terkendala jaringan. Sebab sampai kini pihaknya menunggu fiber optik yang akan dikerjakan perusahaan telekomunikasi. “Kalau sudah ada, ceklok onlinenya langsung bisa digunakan. Karena fiber optik itu nanti akan menunjang koneksi jaringan dalam mendukung sistem online yang akan kami terapkan,” tandasnya. (b/kmr)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top