Pariwara
Konawe Selatan

Wabup Konsel Pantau Pengelolaan DD

KAMALUDDIN/KENDARI POS
Wabup Konsel, H. Arsalim Arifin (kiri) dalam kunjungannya melakukan monitoring penggunaan dana desa tahun 2017, jumat (26/1)

KENDARIPOS.CO.ID — Pengeloaan dana desa (DD) di Konawe Selatan (Konsel) mendapat perhatian serius dari pemerintah kabupaten (Pemkab). Jumat (26/1) Wakil Bupati Konsel, Dr. H. Arsalim Arifin bersama Kepala Inspektorat, Mujahidin melakukan monitoring dan evaluasi sekaligus mengaudit pengelolaan DD tahun 2017 pada sejumlah kecamatan.

“Kami ke Kecamatan Konda dan Wolasi bersama Inspektorat,” ungkap Wabup. Ada beberapa hal yang menjadi titik perhatian dan penegasan dalam monitor dana desa tersebut. “Pihak Kades dan PPK harus transparan pada auditor Inspektorat tentang penggunaan dana. Sehingga ada solusi terhadap permasalahan administrasi dan pekerjaan di lapangan jika ada kendala,” ungkapnya, jumat (26/1).

Mantan Kepala Bappeda Konsel tersebut juga menjelaskan, monitoring itu bukan hanya pemeriksaan keuangan, tetapi untuk mengetahui juga sejauh mana dana desa bermanfaat bagi masyarakat umum. “Bagi kepala desa yang memanfaatkan dana desa yang baik dan benar, tentu laporannya juga akan maksimal. Pemerintah akan memberikan reward bagi kepala desa yang pengelolaan keuangannya baik,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Inspektorat, Mujahiddin, berharap, pencairan DD jangan jelang akhir tahun lagi. Karena ada aturan baru sesuai Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 225/PMK.07/2017 tentang pengelolaan dana transfer ke daerah dan DD yang ditandatangani Menteri Keuangan, Sri Mulyani pada 29 Desember 2017 lalu. “Kini, skema pencairan DD tahun 2018 terdiri tiga tahap. Pertama 20 persen mulai awal Januari-Maret. Kemudian 40 persen akhir Maret sampai Juni. Kemudian 40 persen lagi dari Juni hingga Desember,” timpalnya. (b/kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top