Pariwara
Metro Kendari

Februari, Dishub Sultra Luncurkan Smart Card

PELABUHAN : Salah satu pelabuhan penyeberangan. Ke depan, transaksi nontunai diterapkan dalam pelabuan penyeberangan. Februari nanti, Dishub Sultra akan melaunching penerapan perdana sistem pembayaran baru bernama Smart Card, khusus pelabuhan penyeberangan Baubau-Wamengkoli. Kartu itu berfungsi sebagai alat pembayaran baru nontunai. Foto: Dok. Syuhada Ridzky/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sultra akan mengenalkan sistem pembayaran baru dalam transportasi laut. Namanya adalah Smart Card. Itu merupakan alat pembayaran baru nontunai. Rencananya Februari mendatang akan dilaunching. Smart Card perdana akan diterapkan bagi masyarakat Kota Baubau yang biasa menggunakan moda transportasi angkutan laut melalui pelabuhan penyeberangan Baubau-Wamengkoli.

Kepala Dinas Perhubungan Sultram Hado Hasina mengatakan implementasi Smart Card itu merupakan wujud dari penerapan transaksi nontunai yang sudah umum digunakan di kota-kota besar. Menurut dia cara itu juga sebagai langkah positif untuk menghindari pungutan liar (Pungli) dari penyelenggaraan angkutan darat dan laut itu. “Kenapa Baubau karena jaringannya di sana sudah bagus. Penerapan Smart Card (kartu cerdas) ini butuh support jaringan internet. Sama persis seperti pembayaran tol di Jakarta,” ujar Hado Hasina, jumat (26/1).

Lebih lanjut mantan Sekda Butur itu mengatakan semua daerah akan diterapkan sistem smart card secara bertahap. Setelah pelabuhan penyeberangan, terminal tipe B Baubau juga akan menggunakan kartu cerdas itu. “Kita integrasikan dengan terminal yang sementara kita tuntaskan. Kartu itu bisa diisi saldonya dan digunakan kapan saja dan dimana saja yang penting ada alat (mesin) di sana,” tukas Hado Hasina.

Kartu itu juga bisa digunakan orang lain. Sebab tidak tergantung pada PIN layaknya ATM. Sistem hanya akan membaca ketersediaan saldo, bukan pemilik kartu. “Bisa dipakai teman juga, yang penting ada saldonya,” kata Hado Hasina.

Masyarakat bisa memperoleh kartu itu di pelabuhan Baubau atau Wamengkoli. “Dikantor juga bisa, ada orang khusus yang kita siapkan melayani itu,” sambung Hado Hasina.

Dishub juga menargetkan 2019 mendatang akan ada penambahan pelabuhan yang menggunakan sistem pembayaran serupa. Dia meyakini income PAD dari sektor itu akan naik signifikan bila berbasis teknologi. “Kan tidak bisa dipungli. Semua tiket yang terjual tidak bisa dimanipulasi,” tandasnya. (ely/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top