Pariwara
Kolaka

Produksi Padi Kolaka Ditarget Kembali Surplus

ZULFADLY NUR/KENDARI POS
Bupati Kolaka, H. Ahmad Safei dalam panen raya padi di Kelurahan Tahoa, kamis (25/1)

KENDARIPOS.CO.ID — Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) merilis, produksi beras yang dihasilkan petani Kolaka pada Januari-Agustus 2017 lalu mencapai 32 ribu ton. Dengan tingginya produksi tersebut, membuat stok padi di Bumi Mekongga mengalami surplus hingga 18 ribu ton. “Produksi beras petani mencapai 32 ribu ton, sedangkan yang dikonsumsi masyarakat hanya 14 ribu ton. Jadi pada tahun 2017 kami surplus 18 ribu ton,” ungkap Bupati Kolaka, H Ahmad Safei saat menghadiri panen raya padi seluas 135 hektar di Kelurahan Tahoa, Kecamatan Kolaka, Kamis (25/1).

Safei mengatakan, agar stok beras di Bumi Mekongga dapat terjaga, pihaknya akan menjaga lahan pertanian yang ada khususnya di dalam kota tidak dialihfungsikan. Sehingga stok beras tetap tersedia. “Yang menjadi tantangan kami sekarang yaitu bagaimana memertahankan lahan pertanian seiring meningkatnya pembangunan di dalam kota. Jika semakin sempit lahan pertanian, maka produksi yang dihasilkan juga kecil, sehingga beras menjadi mahal. Makanya kami akan jaga lahan ini agar tidak ada bangunan,” janjinya.

Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura, La Ramuli, menambahkan, tahun 2018 ini, pihaknya menargetkan produksi beras dapat kembali surplus. Agar proyeksi tersebut dapat terealisasi, pihaknya akan mengoptimalkan kinerja penyuluh serta memperhatikan kebutuhan para petani.

“Di 2018, kami targetkan produksi beras lebih tinggi dibanding tahun lalu. Untuk itu para penyuluh pertanian lebih intens lagi melakukan sosialisi pada petani. Tujuannya untuk menyelesaikan permasalahan dalam bercocok tanam. Kamu juga akan salurkan sejumlah mesin pertanian yang dapat membantu petani. Itu merupakan salah satu program prioritas Bupati Kolaka dalam perbaikan struktur ekonomi rakyat melalui pemenuhan kebutuhan petani,” tuturnya. (b/fad)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Most Popular

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top