Pariwara
Buton Utara

Pendamping Harus Berkontribusi Bagi Desa di Butur

Abu Hasan

KENDARIPOS.CO.ID — Ada harapan besar yang disematkan pada puluhan pendamping desa di Kabupaten Buton Utara (Butur). Bupati, Abu Hasan meminta para pendamping tersebut memberi kontribusi bagi pembangunan di wilayah kerjanya. Kepala desa yang kurang memahami regulasi dapat dibimbing terkait tata kelola penggunaan anggaran. “Ada persoalan besar yang kita jumpai dalam tata kelola dana desa, terlebih soal regulasi. Ada kesan kepala desa tak sungguh-sungguh mengimplementasikan regulasi. Penguasaan substansi terhadap aturan juga masih kurang. Padahal itu sangat penting. Makanya, pendamping desa yang telah digaji pemerintah harus berkontribusi terhadap kemajuan sebuah daerah pedesaan,” pinta Abu Hasan, kamis (25/1).

Mantan Kadis Pemuda dan Olahraga Butur itu menambahkan, pemberian dana desa merupakan upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Selanjutnya masalah tata kelola, mulai dari perencanaan, pengelolaan, dan pelaksanaan sampai pada pengawasan ditingkat desa sangat dibutuhkan pendampingan,” sambung bupati. Banyak pihak yang melakukan pengawasan dana desa, termasuk dari pemerintah kabupaten dengan melibatkan Inspektorat.

Abu Hasan juga mengimbau, kepala desa tak ragu merekrut sarjana, agar struktur pemerintahan menjadi kuat. “Tidak perlu khawatir apabila pendidikan kepala desa lebih rendah dibandingkan aparaturnya. Desa bisa kuat jika dibantu tenaga-tenaga profesional. Hasilnya, desa menjadi kuat secara ekonomi, budaya politik. Dengan ketersediaan potensi sumber daya alam kita, tidak menutup kemungkinan Buton Utara itu muncul dalam peta nasional. Beras kita telah dipromosi keluar negeri melalui Kementerian Pertanian. Tantangan yang sedang kita hadapi, saya yakin ditangan para pendamping bisa membimbing kepala desa mendukung program pemerintah daerah” tandasnya. (c/had)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Most Popular

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top