Pariwara
Politik

Partai Berkarya dan PBB Bakal Diverifikasi Ulang

Penyerahan Berkas : Wakil Ketua DPC PBB Konkep, Mustaman (kanan) saat menyerahkan kembali berkas keanggotaan kadernya untuk diverifikasi ulang oleh KPUD Konkep beberapa hari lalu. Foto : MURSALIN/KENDARI POS

KENDARIPOS.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Konawe Kepulauan (Konkep) dipastikan akan kembali bekerja melakukan verifikasi faktual. Pasalnya, dua partai politik (Parpol), yakni Partai Berkarya dan Partai Bulan Bintang (PBB) yang sebelumnya tidak dinyatakan lolos verifikasi akhirnya mengembalikan berkas perbaikan pada hari terakhir.

Komisioner KPUD Konkep, Jaenuddin Doehani mengatakan Partai Berkarya dan PBB Konkep sudah mengembalikan berkas persyaratan pada hari Senin (22/1) lalu. Makanya, pihaknya akan melakukan validasi ulang data keanggotaan Parpol tersebut. Untuk memudahkan pendataan dan memperlancar jalannya verifikasi, kedua Parpol diminta mempersiapkan data yang akan diverifikasi. “Iya, kedua partai itu sudah melengkapi kembali persyaratan keanggotaanya. Saat ini, data itu masih dimasukan ke sistem,” kata Jaenuddin Doehani kemarin.

Koordinator Devisi Hukum KPU Konkep belum bisa menjamin apakah kedua partai tersebut bakal ikut serta saat pemilihan umum (Pemilu) 2019 mendatang. Pasalnya, penetapan Parpol peserta Pemilu menjadi domian KPU RI sementara KPUD Konkep hanya memverifikasi datanya. “Kami akan verifikasi ulang dulu berkas keanggotaan barunya. Saya juga belum bisa pastikan PBB dan Berkarya bakal ikut Pemilu 2019 atau tidak. Nanti kita tunggu hasilnya yah,” ujarnya.

Ditempat terpisah, Wakil Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PBB Konkep, Mustaman mengatakan ada 16 orang kader baru partai besutan pengacara kondang Yusril Izamahendra itu yang diberikan ke KPUD setempat untuk diverifikasi. “Alhamdulillah kami sudah masukan kembali 16 kader baru untuk di verifikasi ulang oleh KPUD,” kata Mustaman.

Lebih lanjut Wakil Ketua DPRD Konkep itu mengatakan, tidak diloloskan partai yang mengantarkan dirinya menjadi wakil rakyat di Pulau Wawonii itu saat rapat pleno 4 Januari lalu. Karena ada empat kader PBB yang dibatalkan keanggotaan. Itu disebabkan ke 4 kader tersebut sudah menjadi Panitia Pemungutan Suara (PPS) KPUD Konkep. “Empat kader kita yang dibatalkan sudah lolos menjadi anggota PPS, sehingga KPUD Konkep saat itu menyuruh kami untuk melengkapi kembali berkas keanggotaan,” katanya. (b/san)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top