Pariwara
Buton

Hasil Pertanian Topang Ekonomi Buton

Azizu

KENDARIPOS.CO.ID — Potensi ekonomi Buton ternyata tak hanya tambang aspal. Sebab, komoditi pertanian lainnya juga dapat menjadi unggulan daerah jika dikelola maksimal. Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Buton, Azizu, mengatakan daerah itu banyak sumber daya alam (SDA) yang menjadi sumber penghidupan. “Diantaranya tanaman umbi-umbian. Tiap tahun ratusan karung didistribusi ke luar daerah seperti Kota Baubau dan Wakatobi. Tiap karung singkong dan ubi jalar berisi 70 sampai 80 kilogram,” jelasnya.

Dijelaskannya, umbi-umbian merupakanh sala satu hasil perkebunan yang berkontribusi terhadap peningkatan pendapatan masyarakat, selain padi dan jagung serta hasil perkebunan lain. “Petani umbi-umbian kami tersebar di semua kecamatan,” katanya, kamis (25/1).

Menurut Azizu, hasil pertanian yang lebih dulu meningkatkan pendapatan petani tanaman tomat dan cabai. Tanaman tersebut sudah didistribusi hingga keluar daerah di Maluku dan Papua.

Tingkat kesejahteraan masyarakat utamanya petani diproyeksi mengalami peningkatan tiap tahun jika hasil produksi serta luas lahan pertanian dan perkebunan bertambah.

“Kami tak henti memenuhi kebutuhan petani di Buton. Ada beberapa kecamatan sebagai penyumbang pendapatan terbesar disektor pertanian. Seperti wilayah penghasil padi dan jagung serta sayur-sayuran di Lasalimu, Lasalimu Selatan, Kapuntori dan sebagian wilayah Siontapina, Pasarwajo serta Molowa,” ungkap Azizu.

Kedepan, pihaknya berkomitmen meningkatkan hasil pertanian di daerah dengan berusaha mengusulkan bantuan ke pemerintah pusat. (c/mel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top