Pariwara
Konawe

DPM-PTSP Konawe Tertibkan Bangunan Tanpa IMB

H. Burhan

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Konawe mencatat, setidaknya 80 persen bangunan di daerah lumbung beras itu, tak mempunyai izin mendirikan bangunan (IMB). Padahal, mulai tahun ini, IMB akan menjadi sumber pendapatan daerah (PAD) tunggal bagi instansi tersebut. Makanya, pihak DPM-PTSP tengah menyusun tim untuk menertibkan seluruh bangunan tanpa IMB.

Kepala DPM-PTSP Konawe, H. Burhan, memprediksi, tahun ini PAD yang bersumber dari retribusi di dinasnya akan mengalami penurunan, karena berkurangnya kewenangan retribusi di daerah. Beberapa sumber pemasukan yang dihapus adalah pengutipan izin gangguan (HO) yang ditiadakan berdasarkan Permendagri nomor 19 tahun 2017, kemudian retribusi perizinan dan perikanan telah diambil alih provinsi, lalu retribusi izin trayek dihentikan, serta retribusi bidang kesehatan sudah dihapuskan.

“Walaupun kita sudah tidak memungut retribusi dari bidang-bidang tersebut, tetapi izinnya masih dikeluarkan oleh perizinan dan SKPD terkait. Jadi kalau mau mengurus itu sekarang gratis, datang saja akan kami layani dengan baik,” ungkap Burhan, Kamis (25/1).
Dijelaskannya, saat ini sumber PAD mereka tinggal retribusi IMB, sehingga tahun ini pihaknya membentuk tim untuk penertiban, yakni mendata bangunan tanpa izin dan meminta warga mengurusnya.

“Nanti akan turun tim untuk penertiban IMB. Jadi bagi masyarakat yang belum mempunyai izin segera mengurus, karena persyaratannya mudah dan biayanya bisa kami perlihatkan atau dihitung sendiri di kantor. Apalagi sekarang ada keringanan untuk bangunan tahun 2010 ke bawah,” terangnya.

Menurut Burhan, semua bangunan wajib mempunyai IMB, sesuai peraturan daerah (Perda) nomor 6 Tahun 2014, tentang kewajiban mempunyai IMB, baik pemerintah, rumah tinggal, rumah usaha hingga Ruko. “Jadi nanti tidak boleh ada lagi bangunan tanpa IMB, supaya kota ini bisa tertata lebih rapi,” pungkasnya. (c/hel)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Most Popular

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top