Pariwara
Ekonomi & Bisnis

Wujudkan UHC, Kolaka-BPJS Kesehatan Kerja Sama

BPJS Kesehatan for Kendari Pos
Optimalkan Layanan Kesehatan: Bupati Kolaka, H. Ahmad Safei, M.H., dan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kendari, dr. Dina Diana Permata, menunjukkan dokumen nota kesepahaman dalam mewujudkan Universal Health Coverage di Kolaka.

KENDARIPOS.CO.ID — Satu lagi kabupaten yang menjadi mitra baru BPJS Kesehatan Cabang Kendari. Setelah kabupaten Konawe Utara, Konawe Kepulauan dan Bombana yang berhasil mewujudkan Universal Health Coverage (UHC), kini giliran Kabupaten Kolaka yang menjadi mitra ke empat BPJS.

Tanggal 18 Januari lalu, Kolaka telah menandai kerjasamanya itu, dengan adanya penandatanganan PKS UHC antara Bupati Kolaka, H. Ahmad Safei, M.H bersama Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kendari, dr. Dina Diana Permata.

dr. Dina Diana Permata mengatakan, peran pemerintah daerah (Pemda) dalam menyukseskan dan menjaga keberlangsungan program JKN-KIS kini ditunjukkan Kabupaten Kolaka. Katanya, Kolaka adalah salah satu kabupaten di Sultra dengan total penduduk yang telah menjadi peserta JKN-KIS sebanyak 207.573 jiwa atau 95.31 persen dari total 217.786 penduduk daerah tersebut.

Terwujudnya UHC di Kabupaten Kolaka tidak terlepas dari dukungan Pemda yang telah mendaftarkan 21.735 penduduknya menjadi peserta JKN-KIS segmen PBI melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Kolaka. “Dukungan Pemda Kolaka terhadap JKN-KIS tidak hanya pada penganggaran APBD untuk kepesertaan. Tapi dukungan itu juga ditunjukkan dengan adanya peraturan Bupati Kolaka nomor 18 Tahun 2016, tentang kewajiban kepesertaan Jaminan Sosial Kesehatan Dalam Pemberian Pelayanan Publik Tertentu,” jelasnya.

Itu menunjukkan keseriusan Bupati Kolaka, Ahmad Safei dalam mendukung program JKN-KIS sebagai salah satu Nawacita Presiden RI, Joko Widodo.

Sementara itu, Ahmad Safei, dalam sambutannya mengatakan, Universal Health Coverage merupakan sistem kesehatan yang memastikan setiap warga, memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan.

“Saat ini sudah 95.31 persen penduduk Kolaka yang telah memiliki kartu Indonesia Sehat. Ini berkat dukungan dari pemerintah daerah yang telah mengalokasikan APBD dan bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Tujuannya untuk memberikan perlindungan kesehatan pada warga yang kurang mampu,” tandasnya. (Ind/b)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top