Pariwara
Konawe

Stok Beras Bulog Konawe Masih 760 Ton

KENDARIPOS.CO.ID — Masyarakat Konawe tak perlu cemas akan kehabisan persediaan pangan dalam setahun ini. Perum Bulog Subdivre Unaaha masih menyimpan stok 760 ton beras. Apalagi bila cuaca berangsur membaik, diperkirakan hasil panen juga akan lebih meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Plh. Kepala Perum Bulog Subdrive Unaaha, Nurdin, mengungkapkan, saat ini stok beras yang tersimpan di GBB Tuoy sebanyak 760 ton yang dapat menyangga ketahanan stok Konawe Unaaha, lebih dari 12 bulan alokasi.

“Ya, stok kita aman tahun ini, apalagi kalau ditambah hasil panen beberapa bulan ke depan, bisa jadi surplus,” ujarnya, rabu (24/1). Menurutnya, 2017 lalu hasil produksi kurang berlimpah karena ada gagal panen. Penyebabnya, cuaca yang tidak menentu, bahkan membanjiri sawah masyarakat, sehingga hasil produksi juga menurun. “Padahal 2016 lalu, kita bisa menyuplai beras sampai ke Tual, Gorontalo, Wakatobi, Kolaka, bahkan Raha. Makanya, sekarang kita targetkan supaya hasil panen bagus, kita bisa menyuplai daerah lain,” jelasnya.

Ia berharap, tahun ini hasil panen petani Konawe bisa surplus dan tetap mempertahankan status sebagai lumbung beras Sultra. Bila cuaca tiba-tiba memburuk, maka diharapkan pemerintah dan petani bersiap mengantisipasi. “Luas wilayah tanam padi sawah kita terus bertambah, tapi faktor cuaca sangat menentukan hasil panen. Ya, kita harapkan hasil panen maksimal,” tandasnya. (c/hel)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top