Pariwara
Konawe Kepulauan

Satpol PP Tertibkan Ternak Liar di Konkep

MURSALIN/KENDARI POS
Aparat Satpol PP Konkep ketika melakukan penertiban ternak liar yang ditemukan di pusat ibu kota kabupaten.

KENDARIPOS.CO.ID — Tindakan tegas dilakukan aparat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) dalam mengawal peraturan daerah (Perda). Tak hanya melakukan pengawasan pada aparatur sipil negara (ASN) malas, mereka juga menertibkan hewan-hewan ternak yang berkeliaran bebas di Langara, pusat ibu kota kabupaten. Penertiban hewan ternak di Pulau Wawonii sudah dilakukan Satpol PP sejak tahun 2017 lalu. Peraturan Bupati (Perbup) nomor 10 tahun 2017 tentang penertibaan hewan ternak, memang mulai diberlakukan di daerah itu.

Kepala Bidang (Kabid) Ketentraman, Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat (Trantibum dan Linmas) Satpol PP Konkep, Idham Mahlik, mengatakan, pihaknya kembali melakukan penindakan pada hewan ternak milik warga yang berkeliaran bebas di Langara. Kata dia, ada 10 ekor kambing yang baru-baru ini ditangkap. “Pemilik hewan ternak yang berkeliaran bebas ini tidak mengindahkan Perbup tentang hewan ternak. Sekarang ini ada 10 ekor kambing yang kami tangkap, karena berkeliaran bebas,” kata Idham Mahlik saat ditemui, Rabu (24/1).

Dia menjelaskan saat ini pihaknya menunggu pemilik ternak tersebut untuk mengambil peliharaannya untu dikandangkan. Satpol PP juga memberikan deadline waktu selama satu minggu kepada pemilik. “Kalau tidak juga diambil sampai batas waktu yang ditentukan, maka kami tunggu perintah atasan, mau diapakan hewan tersebut,” terangnya.

Atlet Taekwondo itu mengatakan, penangkapan ternak liar diakuinya bukan kali pertama saja. “Setiap yang kami tangkap diberi kode. Kalau masih juga belum mengandangkan ternaknya, maka kami akan kenakan denda. Mulai Rp 50 ribu sampai Rp 2,5 juta per ekor,” pungkasnya. (c/san)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top