Pariwara
Kolaka

Pengurusan Kota Kolaka Ditunda

Arifin Jamal

KENDARIPOS.CO.ID — Pengurusan peningkatan status Kabupaten Kolaka menjadi kota yang meliputi empat kecamatan yaitu Latambaga, Kolaka, Wundulako dan Baula untuk sementara ditunda. Padahal, wacana pembentukan Kota Kolaka sudah melewati tahap kajian akademik. “Kami sudah kaji secara akademik dan hasilnya empat kecamatan tersebut layak menjadi Kota Kolaka. Tapi untuk sementara pengurusannya kami pending dulu,” ungkap Kabag Pemerintahan Setkab Kolaka, Arifin Jamal, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (24/1).

Mantan Camat Latambaga tersebut menjelaskan, alasan ditundanya pengurusan Kota Kolaka yaitu karena ada tiga kecamatan di bagian utara yang menolak terbentuknya kota. Adapun tiga kecamatan tersebut yaitu Samaturu, Wolo dan Iwoimendaa. “Mereka menolak karena jika Kota Kolaka terbentuk, maka secara otomatis Kabupaten Kolaka bergeser ke selatan. Jadi posisi mereka akan semakin jauh dengan ibu kota kabupaten. Padahal seharusnya pemekaran itu mendekatkan pelayanan, tapi mereka tambah jauh dengan ibu kota kabupaten,” jelasnya.

Arifin menuturkan, pihaknya belum memastikan kapan pembahasan Kota Kolaka akan kembali dilanjutkan. Pasalnya, Pemkab masih mencari solusi untuk mengatasi keluhan tiga kecamatan yang berada di bagian utara tersebut. “Kalau Kolaka Selatan terbentuk, maka tiga kecamatan tersebut tetap masuk di Kabupaten Kolaka. Tapi kalau Kota Kolaka yang terbentuk, maka Kabupaten Kolaka akan bergeser ke selatan dan tentu tiga kecamatan tersebut akan masuk dalam Kabupaten Kolaka, karena tidak layak masuk dalam kategori kota. Makanya kami masih mencari formula yang tepat untuk tiga kecamatan tersebut,” tandas Arifin. (c/fad)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Most Popular

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top