Pariwara
HEADLINE NEWS

Kapolres Kendari dan Wakatobi Terima Penghargaan Menpan-RB

BERI PENGHARGAAN: Menpan-RB, Asman Abnur menyerahkan penghargaan kepada Kapolres Kendari, AKBP Jemi Junaidi di Kantor Kementerian PAN-RB, Rabu (24/1). Penghargaan diberikan sebagai bentuk apresiasi atas baiknya pelayanan publik yang dilakukan setahun terakhir. Kapolres Wakatobi, AKBP Hadi Winarno juga mendapat apresiasi serupa.

KENDARIPOS.CO.ID Banyak prestasi mentereng yang diraih kepolisian daerah (Polda) Sultra beserta jajaran selama dipimpin Brigjen Pol Andap Budhi Revianto. Beberapa waktu lalu, Kapolres Baubau dan Wakatobi dapat penghargaan dari Mabes Polri. Kemarin (24/1), giliran Kapolres Kendari, AKBP Jemi Junaidi dan Kapolres Wakatobi, AKBP Hadi Winarno, mendapat penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Polres Kendari Wakatobi dianggap sukses memberikan pelayanan kepada masyarakat. Seperti pelayanan pembuatan SIM, SKCK, sidik jari, dan sebagainya. Berdasarkan evaluasi pelayanan publik Kemenpan-RB, Polres Kendari dinilai Sangat Baik (A), sedangkan Polres Wakatobi dinilai Baik (B).Penghargaan tersebut diserahkan langsung Menpan-Rb, Asman Abnur di Kantor Kementerian PAN-RB, Rabu (24/1).

Kapolda Sultra, Brigjen Pol Andap Budhi Revianto memberikan apresiasi atas capaian tersebut. Pria dengan satu bintang di pundak ini mengaku sangat bangga dengan penghargaan yang diberikan Menpan-RB. Dirinya juga berterima kasih kepada anak buahnya yang selama ini, mau menerapkan pelayanan publik yang baik.

“Alhamdulilah. Terima kasih semua atas kerja samanya. Terima kasih juga pada media, khususnya Kendari Pos atas dukungannya selama ini. Ke depan, bantu kami untuk memberikan masukan, bahkan kritikan supaya pelayanan lebih baik lagi kepada masyarakat Sultra,” ungkap Andap, kemarin. Dia menambahkan, secara internal, semuanya tidak akan tercapai tanpa ada komitmen dan kesungguhan untuk berbuat menjadi lebih baik. Sebab, penerapan pelayanan publik yang baik, sebenarnya tak lepas dari kritikan dan masukan dari berbagai pihak.

“Saya berharap penghargaan ini menjadi motivasi buat Polres lain, supaya berbenah dan bekerja lebih baik lagi. Memberikan pelayanan yang memang dibutuhkan oleh masyarakat,” jelasnya. Lebih jauh Andap menjelaskan, pelayanan publik yang baik, wajib diterapkan untuk semua Polres di daerah. Ini demi menjawab keresahan masyarakat. “Harus melayani dengan baik. Itu harus menjadi komitmen bersama,” janjinya.

Kabid Humas Polda Sultra, AKBP Sunarto menambahkan, pemberian penghargaan dilakukan di Jakarta. Dia menjelaskan, ada 72 Polres Kabupaten/ Kota masuk dalam daftar evaluasi Kemenpan-RB dari total 467 Polres se-Indonesia. Hasilnya, Polres Kendari mendapat nilai A, sementara Polres Wakatobi menapat nilai B. Predikat ini merupakan catatan yang baik, dalam standar pelayanan publik . “Hanya ada dua Polres di Sultra yang mendapat penghargaan. Ini sangat membanggakan,” kata Sunarto, kemarin.

Kapolres Kendari, AKBP Jemi Junaidi yang merupakan komando di Polres Kendari, mengatakan, di wilayah hukumnya, pelayanan SIM, SKCK dan sidik jari, memang dibuat secara efektif. Masyarakat yang datang tidak butuh waktu yang lama untuk dilayani jika membuat hal-hal seperti itu. Dalam proses pelayanan administrasi lainnya, selalu dibenahi.

Polres Kendari masuk rangking 9 dari 72 Polres se-Indonesia yang masuk kategori. Menurut Jemi, penghargaan yang diberikan dari Menpan-RB, berkat dukungan semua pihak. Tak lupa juga, dia mengakui bahwa penghargaan ini diberikan, tak lepas dari didikan pimpinannya, Kapolda Sultra. Selama ini, Kapolda selalu mengarahkan untuk menerapkan pelayanan baik kepada masyarakat,”Alhamdulillah, ini juga berkat bimbingan pak Kapolda,” katanya.
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) memberikan penghargaan kepada beberapa instansi pelayanan publik. Acara itu bertujuan memotivasi instansi pelayanan publik agar memberikan pelayanan lebih baik. Pemberian penghargaan itu di lakukan langsung, Menpan-RB Asman Abnur di gedung serbaguna kantor KemenPAN-RB.

Dalam Kesempatan itu, Asman Abnur berpesan agar para penerima penghargaan jangan cepat berpuas diri dengan apa yang telah diraih. Namun harus terus berinovasi menciptakan pelayanan yang prima untuk masyarakat. “Hal ini tentu tidak terlepas dari kerja keras dan kemauan pimpinan untuk berikan perubahan pelayanan publik,” imbuhnya. (b/ade/yog)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top