Pariwara
Buton Tengah

Honorer Satpol PP Buteng Dikurangi

Amrin

KENDARIPOS.CO.ID — Minimnya anggaran yang dialokasikan membuat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Buton Tengah (Buteng) terpaksa harus merampingkan tenaga honorernya. Pejabat instansi tersebut akan melaksanakan seleksi terhadap para honorer agar perampingan yang dilakukan tak terkesan pilih kasih. Kasatpol PP Buteng, Amrin, mengatakan, berdasarkan dokumen pelaksana anggaran (DPA) yang ditetapkan, pihaknya hanya bisa menerima 250 tenaga. Sementara, data per tanggal 31 Desember 2017 lalu, honorer di Satpol PP berjumlah 310 orang. Dengan demikian, ada 60 orang yang harus dikurangi.

“Kami akan melaksanakan seleksi secara ketat agar perampingan yang dilakukan, tidak terkesan pilih kasih. Seleksi akan kami laksanakan dalam bentuk tes tertulis dan wawancara. Selain itu, kehadiran, etika dan perilaku mereka selama menjadi honorer turut diperhatikan,” ungkapnya, Rabu (24/1). Sebelum melaksanakan seleksi bagi para honorer, pihaknya akan memastikan syarat yang tercantum dalam PP nomor 6 tahun 2010 terpenuhi. Regulasi itu menyebutkan, anggota Satpol PP harus berusia minimal 21 tahun dengan tinggi badan 160 sentimeter untuk pria dan 155 sentimeter bagi wanita.

“Kemudian sehat jasmani dan rohani dan pendidikan SMA sederajat. Jika syarat itu tidak terpenuhi, mereka akan langsung dinyatakan gugur. Kalau kuota yang ditetapkan belum terpenuhi, kita akan merekrut tenaga baru, selain mereka yang sudah magang sebelumnya,” jelasnya. Amrin mengungkapkan, Permendagri nomor 60 tahun 2012 menyebutkan, Buteng akan menerima tenaga Satpol PP antara 251 hingga 350 orang. Olehnya itu, 250 orang diasumsikan yang ditetapkan dalam DPA. Jika hal itu tidak dilakukan maka akan bertentangan dengan aturan ada. Dengan demikian pihaknya akan berkonsultasi dengan bagian keuangan untuk memastikan penambahan tenaga dari jumlah yang sudah ditetapkan.

“Pasalnya, dalam DPA sudah ditetapkan honor 250 orang yang akan diterima, masing-masing sebesar Rp 750 ribu. Kalau melakukan penambahan kouta lebih DPA maka otomatis honor yang diberikan akan berkurang. Kita akan konsultasi masalah ini dengan pihak keuangan untuk memastikan hal ini memungkinkan untuk dilakukan,” tutupnya. (c/myu)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top