Pariwara
Muna

DPRS Setuju Pemkab Muna Tambah Utang

KENDARIPOS.CO.ID — Rencana Pemerintah Kabupaten (pemkab) Muna mengajukan pinjaman senilai Rp 100 miliar ke Bank Sultra sudah diketahui pihak parlemen. DPRD Muna akan bersurat untuk menanyakan sejauh mana rencana itu sudah ditindaklanjuti. Dewan ingin memastikan, kredit tersebut nantinya betul-betul dipergunakan untuk kepentingan masyarakat. Ketua DPRD Muna, Mukmin Naini, mengakui pemerintah telah mengajukan izin prinsip tentang rencana tersebut. Hanya saja, penjelasan lebih detail perihal pinjaman, belum dilaporkan.

“Secara prinsip, dewan menyetujui. Sesuai kesepakatan pada saat pembahasan APBD, pemerintah mengaku akan melaporkan lebih lanjut seputar pinjaman yang diajukan ke Bank Sultra itu,” ujar Mukmin saat dihubungi, Rabu (24/1). Sampai saat ini, mereka masih menunggu laporan Pemkab untuk mengetahui lebih jauh hal-hal teknis berkaitan rencana pinjaman itu. Jika tidak kunjung dilaporkan, Mukmin akan melayangkan surat permintaan penjelasan.

“Kami perlu ketahui seperti apa pinjaman, bagaimana pengembalian dan apa jaminannya, itu harus disampaikan,” tambahnya. Untuk apa dana pinjaman itu, Mukmin menyebut jika berdasarkan penjelasan awal pemerintah, akan digunakan untuk membiayai beberapa proyek fisik berupa pembangunan pasar, jalan maupun jembatan. “Katanya untuk (pasar) Laino dan pelebaran jalan di Bandara (Sugimanuru),” sambungnya.

Diketahui, Pemkab Muna sampai saat ini masih punya tunggakan utang ke Pusat Investasi Pemerintah (PIP) yang baru akan lunas 2020 nantinya. Dulunya, dana itu juga digunakan untuk membiayai proyek infrastruktur. Kendati demikian, Mukmin tak mempermasalahkan Pemkab menambah utang sepanjang semua syarat dipenuhi. “Wajib untuk kepentingan masyarakat juga,” tegasnya. (c/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top