Pariwara
Kesehatan

Berdarah Saat Ejakulasi? Mungkin Kamu Terkena Salah Satu dari Ini

KENDARIPOS.CO.ID — Bagi kebanyakan pria, darah saat ejakulasi bukanlah kabar baik, namun untungnya ejakulasi berdarah jarang sekali menandakan kondisi yang serius, khususnya pria di bawah 40 tahun. Ejakulasi berdarah atau dikenal dengan istilah hematospermia biasanya terjadi tidak dalam waktu yang lama dan dapat sembuh dengan sendirinya.

Namun perlu diketahui bahwa seberapa banyak darah Anda keluar berbarengan dengan ejakulasi, tergantung pada masalah kesehatan yang Anda alami.

Berikut beberapa penyebabnya seperti diambil dari HealthLine.com:

1. Inflamasi

Inflamasi atau radang pada vesikula seminalis adalah penyebab yang paling umum ditemukan pada kondisi ini. Radang yang terjadi pada kelenjar, tuba, saluran atau organ yang terkait dengan alat kelamin pria dapat menyebabkan munculnya darah pada semen.

2. Infeksi

Sepertinya radang, infeksi pada kelenjar, tuba dan organ seperti disebut di atas juga dapat menyebabkan darah pada ejakulasi. Penyakit s*ksual menular seperti chlamydia, gonorhea dan herpes juga menjadi penyebabnya.

3. Sumbatan

Sumbatan yang terjadi pada saluran ejakulator yang dikelilingi oleh pembuluh darah dapat memicu terjadinya kerusakan. Dan jika kelenjar prostat mengalami pembesar, hal ini dapat menyebabkan tekanan pada uretra dan memicu hematospermia.

4. Tumor

Polip atau tumor jinak pada prostat, buah zakar, epididimis atau pada vesikula seminalis juga menyebabkan pendarahan saat ejakulasi.

5. Abnormalitas vaskular

Abnormalitas vaskular pada alat kelamin pria, seperti kista vaskular, dapat menjelaskan mengapa ada darah pada semen Anda.

6. Faktor sistemik

Penyakit kronis juga dapat menyebabkan hematospermia, sebut saja hipertensi, hemophillia (kondisi kesehatan di mana penderitanya mudah berdarah), leukemia, dan penyakit liver kronis adalah beberapa di antaranya.

7. Trauma

Trauma fisik seperti pernah terluka akibat benturan pada testis saat berolahraga atau kejadian lainnya juga bertanggungjawab atas hematospermia.

Kapan harus ke dokter?

Jika Anda pria di atas 40 tahun, maka ada kemungkinan itu gejala kanker prostat. Sebab itu, jika Anda menemukan kondisi ini terjadi pada Anda maka buat janji dengan dokter Anda segera.

Jika Anda di bawah 40 tahun dan tidak menunjukan gejala lain selain darah pada semen, tunggu dan lihat apakah kondisi Anda membaik dengan sendirinya. Namun jika ada darah diikuti dengan gejala seperti rasa sakit atau demam, maka buat janji dengan dokter Anda.

(ruf/fajar)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top