Pariwara
Wakatobi

27 Ribu Warga Wakatobi Belum Miliki Jaminan Kesehatan

H. Arhawi

KENDARIPOS.CO.ID — Target Bupati Wakatobi, H. Arhawi, agar seluruh warganya memiliki kartu jaminan kesehatan secara universal hingga tahun 2019, belum berjalan semestinya. Jika saja tahun ini sebagian kartu disalurkan, maka diperkirakan masih ada 27 ribu warga lainnya yang belum masuk dalam jaminan kesehatan dengan pembiayaan manapun. Rencananya, Pemkab Wakatobi melalui Dinas Sosial akan menyalurkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) Bersinar melalui anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) tahun ini sebanyak 10 ribu.

Kartu tersebut akan diprioritaskan bagi masyarakat kurang mampu dan belum sama sekali menerima jaminan kesehatan lainnya. Kendati demikian, jumlah masyarakat Wakatobi berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil tahun 2017 lalu sebanyak 110.303 jiwa, sebagian besar telah mengantongi jaminan kesehatan baik melalui APBN, APBD maupun para ASN, karyawan swasta serta masyarakat menengah ke atas. Sehingga untuk menuju tahun 2019, masih ada 27 ribu masyarakat atas, menengah hingga ke bawah yang harus diselesaikan.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Wakatobi, Aslaman Sadik, mengungkapkan, pihaknya masih fokus menuntaskan target tahun 2018 sebanyak 10 ribu kartu. Sementara itu, sisanya pihak Dinsos Wakatobi akan turun langsung di lapangan dan mengumpulkan data masyarakat. “Karena kita ditarget tahun depan sudah harus universal. Makanya saat ini kita harus kerja lebih keras lagi karena masih ada sekira 27 ribu yang belum memiliki jaminan kesehatan ini,” ungkapnya, rabu (24/1).

Apalagi dari 27 ribu warga tersebut belum diketahui berapa jumlah yang layak menerima KIS Bersinar dan tidak. Sehingga untuk memverifikasi data, perlu adanya kerja sama dengan pihak desa dan kelurahan. Tak hanya itu, target universal yang diharapkan Bupati Wakatobi kata dia bisa saja dicapai asal didukung anggaran cukup.

Sekadar diketahui, sejak dilantik tahun 2016 lalu, Bupati Wakatobi, H. Arhawi baru menyalurkan 8.000 KIS ke masyarakat. Tahun 2016 sebanyak 5.000 dan 2017 lalu berjumlah 3.000 kartu. Sementara tahun ini ditargetkan sebanyak 10.000. (b/thy)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Most Popular

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top