Pariwara
Konawe Kepulauan

Wabup Konkep Tolak Tambang Masuk Wawonii

Andi Muhamad Lutfi

KENDARIPOS.CO.ID — Warga Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) tak perlu cemas dengan isu yang menyebut akan ada perusahaan tambang beraktivitas di Pulau Wawonii. Pemerintah setempat melalui Wakil Bupati (Wabup) Konkep, Andi Muhamad Lutfi, juga sudah memberikan seruan pada warga untuk bersama-sama menolak masuknya tambang di daerah itu.

“Secara pribadi maupun institusi, saya tetap menolak tambang masuk di Wawonii. Jika itu terjadi di Wawonii, maka kondisi daerah kita akan rusak dan berpengaruh pada generasi daerah,” tegas Andi Muh Lutfi, saat ditemui di kompleks perkantoran, Selasa (23/1). Akhir-akhir ini, warga di Bumi Kelapa itu dibuat gaduh dengan adanya oknum perusahaan tambang yang melakukan sosialisasi di Desa Roko-Roko, Kecamatan Wawonii Tenggara.

Konkep-2 tersebut mengaku tak mengetahui oknum yang melakukan sosialisasi pertambangan di wilayahnya. “Demi Allah, saya tidak tahu sama sekali soal adanya sosialisasi perusahaan tambang itu,” ujar Andi Lutfi, didampingi Sekretaris Kabupaten (Sekab) Konkep, Cecep Trisnajayadi. Ia mengungkapkan, saat ini pemerintah kabupaten (Pemkab) sudah tak memiliki kewenangan untuk mengurus tambang. Pasalnya, penerbitan izin usaha pertambangan (IUP) berada dalam kendali pemerintah provinsi.

“Saya, bersama warga Wawonii secara tegas menolak masuknya tambang di daerah kami,” ulang pejabat ramah itu, menegaskan. Dalam rencana tata ruang wilayah (RTRW) 2016-2031, Pemkab Konkep juga memang tak membuka ruang sedikitpun untuk masuknya pertambangan di Pulau Wawonii. “Saya kira jelas dalam RTRW kita sampai 2031 nanti. Tidak ada aktivitas pertambangan di Konkep. Ditambah lagi dengan dukungan warga yang juga menolak aktivitas tersebut,” tandasnya. (b/san)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top