Pariwara
Metro Kendari

Tahura Nipanipa Segera Dikosongkan, Warga Diminta Pindah dengan Tertib

Warga Tahura. Dok/Kendari Pos.

KENDARIPOS.CO.ID — Proyek pengadaan rumah layak huni di kawasan Kelurahan Purirano dilaporkan telah tuntas. Sebanyak 225 unit rumah permanen yang disiapkan khusus untuk masyarakat Punggaloba yang mendiami kawasan Tahura Nipanipa. Untuk itu lokasi yang berstatus hutan lindung itu segera dikosongkan oleh pemerintah. Warganya yang bermukim di sana akan dipindahkan ke rumah baru itu.

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Provinsi Sultra, Effendy Patulak mengungkapkan saat ini sudah ada 20 KK yang pindah di Purirano itu. Setelah melalui verifikasi, sekira 176 rumah yang harus ditinggalkan warga di kawasan Tahura. “Tadinya dilaporkan ada 221 rumah, tetapi menurut Dinas Kehutanan yang melakukan verifikasi itu hanya 167 rumah, 20 KK sudah pindah,” ujar Effendy Patulak, Selasa (23/1) kemarin.

Effendy menuturkan setelah hunian baru itu siap, masyarakat diminta pindah dengan tertib. Artinya, tidak perlu menunggu “ketegasan” dari pemerintah lagi. Sebab pemerintah sudah sangat persuasif selama ini. “Itu harus segera dikosongkan. Dalam waktu dekat ini pasti dikosongkan dan sudah disampaikan ke warga itu,” tutur Effendy.

Lalu bagaimana dengan selisih rumah yang disiapkan itu ? Soal itu dinas perumahan masih menunggu kebijakan baru dari pemerintah. “Mungkin ada hitungan. Awalnya tidak tinggal disitu hanya daftar saja makanya ada perbedaan jumlah, tapi akan ada kebijakan baru terhadap sisa yang belum terisi,” jelas Effendy. Kebijakan dimaksud kata dia, pihaknya akan melibatkan pemerintah kota dan kecamatan untuk mengidentifikasi penduduk miskin yang belum punya rumah.”Pokoknya nanti dikoordinasikan dengan Pemkot,”pungkasnya. (ely/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top