Pariwara
Metro Kendari

Sultra tak Butuh Beras Impor

Ilustrasi beras.

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah pusat berencana mengimpor beras, namun produksi beras di Sultra justru berlimpah beras. Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Sultra mengklaim daerah ini mengalami surplus beras. Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan, Muhamad Nasir memperkirakan produksi beras hingga Maret 2018 lebih dari 60 ribu ton.

“Produksi beras kita setiap tahun mengalami peningkatan. Tahun lalu, Sultra mengalami surplus beras 93 ribu ton. Jadi kita sama sekali tidak butuh beras impor, apalagi Januari, Februari dan Maret adalah puncak musim panen. Sejak surplus beras, Sultra sudah mengirim beras ke Jawa Timur. Banyak petani yang menjual beras di provinsi lain,” kata Muhamad Nasir saat ditemui, Selasa (23/1/2017).

Kata dia, seharusnya kini ia berada di lapangan untuk melihat panen padi di Konawe. Dengan jumlah produksi beras melimpah, daerah ini melebihi swasembeda beras. “Kalau swasembada hanya untuk melayani kebutuhan masyarakat, sedangkan surplus melebihi,” cetusnya. Kelebihan produksi beras, kata Nasir bukan hanya 3 tahun terakhir. Tapi sejak periode pertama duet Nur Alam-Saleh Lasata. Produksi beras semakin meningkat setiap tahun. Kala itu produksi beras sebanyak 40 ribu ton dan sekarang 90 ribu ton.

Daerah ini diversifikasi pangan sudah sangat lama. Masyarakat Sultra banyak yang mengkonsumsi makanan lokal, seperti jagung, sagu dan ubi kayu (singkong). Bahan pangan lokal sudah dari dulu eksis. “Teori pangan diversifikasi yang diterapkan pemerintah pusat belum lama digaungkan, tapi leluhur kita sudah menerapkan teori tersebut,” ungkap mantan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Konawe itu.

Saat mengetahui adanya kebijakan pemerintah impor beras ratusan ribu ton, Nasir mengaku geleng-geleng kepala. “Mungkin itu dilakukan karena ada daerah yang minus dan pemerintah ingin mempertahankan stok beras. Jangan sampai ada bencana dan itu yang selalu dikhawatirkan pemerintah,” argumentasinya. (dan)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top