Pariwara
Hukum & Kriminal

Rampungkan Audit Kasus DAK Muna, BPKP Butuh Tambahan Data

KENDARIPOS.CO.ID — Kasus dugaan mega korupsi dana alokasi khusus (DAK) Muna 2015 sampai sekarang belum sepenuhnya terungkap. Terutama soal berapa pastinya total kerugian negara dalam kasus tersebut. Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Muna mengaku sudah mengantongi jumlah kerugian negara. Namun berbeda dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) yang sampai saat ini belum merilis hasilnya. Padahal, sejak tahun lalu BPKP Sultra diminta untuk menghitung duit kerugian negara kasus ini. Namun hitungan tersebut belum bisa dituntaskan. Humas BPKP Perwakilan Sultra, Lindung Sirait mengakui hingga kini belum ada hasil perhitungan kasus dugaan korupsi DAK Muna 2015. Sebabnya, masih butuh tambahan data. “Perhitungan untuk kasus ini memang sedikit rumit. Makanya, nanti BPKP akan kembali mengecek ke lapangan, tentang pengerjaan 41 paket proyek dalam DAK Muna itu,” ungkap Lindung Sirait, Selasa (23/1).

Hitungan kerugian negara, kata Lindung dihitung berdasarkan proyek-proyek yang tidak diselsaikan dalam kasus ini. Yang jelasnya, auditnya belum dapat keluar untuk bulan ini. Untuk kepastiannya, Lindung tidak menjelaskan, sebab saat ini tim auditor terus bekerja melakukan telah dokumen-dokumen dalam kasus tersebut.

Lindung menambahkan, dalam kasus ini, Jaksa dan BPKP telah beberapa kali melakukan expose. “Agak lama, karena masih ada dokumen yang perlu ditambahkan,” ujarnya. Sementara itu, Kesi Intel Kejari Muna, La Ode Abdul Sofyan mengatakan, perburuan fakta baru tetap terus dilakukan. Kasus dengan kerugian negara mencapai miliaran rupiah itu masih terus dikembangkan. Sambil menunggu hasil audit BPKP, pihaknya akan terus melanjutkan penyidikan. “Pastinya semua yang punya kaitan akan ditelusuri, termasik pihak kontraktor,” ujarnya. Ia menjelaskan, saat ini pihaknya masih terus mendalami peran kelima tersangka yang sudah ditetapkan pada 21 Desember 2017 lalu. Sejumlah fakta masih akan diungkap untuk menguatkan materi dakwaan nantinya. “Intinya kami masih terus kembangkan materinya,” imbuhnya. (b/ade/ode)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top