Pariwara
Edukasi

PTN Sosialisasi SNMPTN dan SBMPTN

Foto: JPNN
Kepala Humas Unsyiah Husni Friady menyosialisasikan proses Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tingi Negeri (SBMPTN).

KENDARIPOS.CO.ID — Universitas Syiah Kuala akan melakukan sosialisasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tingi Negeri (SBMPTN) 2018 ke sejumlah sekolah SMA/SMK/MA di Provinsi Aceh. Kepala Humas Unsyiah Husni Friady mengatakan, sosialisasi tersebut akan dihelat selama 11 hari yang dimulai sejak 19–29 Januari mendatang.

Sosialisasi ke sekolah-sekolah itu, dibagi berdasarkan tujuh wilayah Pusat Pengembangan Mutu Guru (PPMG) yaitu, mulai Kabupaten Bireuen, Langsa, Takengon, Gayo Lues, Aceh Tenggara, Pidie Jaya dan Kota Banda Aceh. “Sosialisasi diikuti para kepala dan operator sekolah di wilayah tersebut,“ kata Husni kepada JawaPos.com (Kendari Pos Group) di Banda Aceh, pekan lalu.

Husni menjelaskan, sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang benar terkait proses pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) oleh pihak sekolah. Hal ini merupakan syarat untuk mengikuti seleksi SNMPTN di mana proses peng-input-an datanya merupakan tanggung jawab pihak sekolah.

Kepala Humas Unsyiah Husni Friady mensosialisasikan proses Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tingi Negeri (SBMPTN). Kepala Humas Unsyiah Husni Friady mensosialisasikan proses Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tingi Negeri (SBMPTN).

“Karena kita tidak ingin ada kesalah-kesalahan kecil justru menjadi masalah kelulusan bagi siswa nantinya,” ungkap dia. Kepada pihak sekolah, Husni mengingatkan untuk meng-upload semua data prestasi baik akademik maupun non akademik ke sistem PDSS. Pasalnya data tersebut merupakan salah satu faktor yang menentukan kelulusan siswa untuk jalur SNMPTN.

“Jadi pihak sekolah jangan merasa berat untuk mengisi data prestasi siswa ini, karena hal itulah penentu kelulusan anak-anak nantinya,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Bagian Pendidikan Biro Akademik Unsyiah Mursal, meminta pihak sekolah untuk mengisi data PDSS secara jujur dan valid. Setelah itu Unsyiah akan melakukan verifikasi data yang dimaksud secara independen untuk memeriksa prestasi akademik setiap siswa. Mursal menyebutkan, ada beberapa hal yang menjadi perhatian Unsyiah saat melakukan verifikasi seperti jika ada perbedaan nilai raport dengan data yang diunggah ataupun ada indikasi pencucian raport siswa.
“Namun jika ada temuan, tidak serta-merta temuan itu menggugurkan siswa tersebut. Kita masih memberikan pihak sekolah untuk klarifikasi. Apakah benar melakukan kecurangan atau hanya kesalahan teknis?” jelas Mursal.

Tahun ini jadwal SNMPTN 2018 sudah ditentukan yaitu pengisian dan verifikasi PDSS mulai 13 Januari-10 Februari. Pendaftaran SNMPTN 21 Februari–6 Maret, dan pengumuman hasil pada 17 April. Informasi lebih lengkap dapat mengenai pendaftran bisa diakses melalui website www.snmptn.acid dan www.pmb.unsyiah.ac.id. (JPG)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top