Pariwara
Metro Kendari

Polda Sultra : Telur Palsu Hoax

KENDARIPOS.CO.ID — Unggahan pengguna media sosial soal telur palsu akhirnya terjawab. Subdit I Ditreskrimsus Polda Sultra dan Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Sultra memastikan telur yang disebut ZN, warga net sebagai telur palsu justru telur asli. Serangkaian tindakan dilakukan polisi dan tim dinas, seperti pemeriksaan di laboratorium dan membandingkan dengan beberapa sampel telur. Itu artinya, informasi telur palsu yang diunggah ZN di facebook itu hoax. Telur palsu sama dengan informasi palsu.

Direktur Ditreskrimsus Polda Sultra, Kombes Wira Satya Triputra mengatakan telur palsu yang belakangan ini sempat membuat heboh tidak benar. Polisi telah meminta keterangan ZN yang sebelumnya mengaku mendapat telur palsu itu. ZN mengaku mendapatkan telur dari sebuah toko di Jalan Nanga-Nanga. Nah, dari sini tim melakukan pengembangan dan diperoleh informasi jika telur itu didapatkan dari peternak unggas di Kota Kendari.

“Setelah mendapat tempat penjual telur, tim mengambil sampel dan melakukan uji laboratorium. Dilakukan perbandingan 4 telur dengan umur berbeda. Kondisi dalamnya memang agak berbeda, namun dari hasil uji laboratorium, telur tersebut asli,” ujar Kombes Wira Satya Triputra didampingi drh. Rakhwana, tim laboratorium UHO, Afi dan Kabid Humas Polda Sultra, AKBP Sunarto saat menggelar konferensi pers di Mapolda Sultra, Selasa (23/1/2017).

Kombes Wira menambahkan ZN masih akan dimintai keterangannya. ZN mengaku memosting video tersebut tidak bermaksud memprovokasi. Namun, postingan itu murni dari pandangan alamiahnya yang tak biasa melihat telur yang isinya sedikit berbeda. “Kami pastikan telur yang diunggah itu, bukan telur palsu. Tapi telur asli. Ini sesuai pengujian yang dilakukan oleh ahlinya,” tutur Kombes Wira Satya Triputra.

Belajar dari kejadian ini, Kombes Wira Satya mengingatkan agar masyarakat jangan mudah terpengaruh dengan informasi yang belum teruji. Nah, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, Polda Sultra bersama Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Sultra terus berkoordinasi dan melakukan pengawasan di semua pasar. (ade/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top