Pariwara
Metro Kendari

Perumahan PNS Digagas jadi Kelurahan Bahteramas

Lukman Abunawas

KENDARIPOS.CO.ID — Sejak periode pertama Nur Alam-Saleh Lasata menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra, ide untuk membangun sebuah kompleks perumahan PNS Pemprov sudah dicetuskan. Kawasan Nanga-nanga dinilai paling strategis untuk pengadaan rumah bagi abdi negara, khususnya yang belum memiliki rumah. Makanya sejak 2014 lalu ide itu mulai direalisasikan.

Satu demi satu bangunan mulai berdiri diatas lahan puluhan hektar itu. Kini 400 unit lebih sudah siap huni. Hanya saja, karena alasan masih terlalu jauh dengan fasilitas publik, masih banyak rumah dibiarkan kosong begitu saja. Untuk memastikan kondisi perumahan itu saat ini, jajaran Pemprov Sultra meninjau perumahan yang diberi nama Griya Bahteramas itu, Selasa (23/1/2017). Sekda Provinsi Sultra, Lukman Abunawas memimpin langsung rombongan peninjauan.

Pantauan Kendari Pos, kawasan perumahan itu memang sudah padat dengan bangunan. Hanya ada beberapa rumah yang sudah dihuni. Bangunan lain tertutupi rerumputan. Demikian juga dengan akses jalan yang semakin menyempit. “Soal ditinggali atau belum, itu kita tidak persoalkan. Yang penting sertifikatnya dulu dituntaskan karena kemarin saya dengar ada yang kena hutan lindung, tapi sudah diurus oleh Dinas Kehutanan,” ujar Lukman Abunawas.

Ke depan kata Lukman Abunawas, Griya Bahteramas itu akan dibentuk menjadi Kelurahan Bahteramas. “Kita akan jadikan kelurahan bahteramas disini, karena kita sangat yakin tahun ini atau tahun depan kawasan itu sudah akan ramai karena banyak fasilitas publik yang akan dibangun,” lanjutnya.

Sejauh ini kata dia, dari 600 unit rumah yang ditargetkan, sekira 434 unit tuntas dibangun, 500 orang lebih telah mendaftar. Menurut Ketua KONI itu sangat disayangkan bila ada PNS yang belum memiliki rumah dan tak berminat di kawasan itu. “Ini BTN tipe 36 yang paling luas lahannya. Lebar lahan 15 meter dan panjang 20 meter. Harganya pun sangat terjangkau, hanya Rp 60 juta per unit,” jelas Lukman Abunawas. Lebih dari itu kebutuhan utama rumah tinggal seperti air dan listrik sudah terpenuhi di kawasan itu. (ely/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top