Pariwara
HEADLINE NEWS

Pemilih Sultra Naik Drastis, 4 Tahun Bertambah 77 Ribu Lebih

Ketua KPUD Sultra, Hidayatullah

KENDARIPOS.CO.ID — Pemilih Sultra mengalami kenaikan signifikan dalam kurun waktu empat tahun terakhir. Sejak pemilihan presiden (Pilpres) 2014 sampai sekarang, bertambah sekira 77 ribu lebih. Jumlah ini bi ia bertambah atau berkurang (meski tidak akan banyak), karena saat ini masih dalam tahap pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih. Bertambahnya data pemilih itu berdasarkan singkronisasi DPT Pilpres 2014 (menjadi DP4) dengan DPT Pemilu terakhir dari KPU RI. Diketahui DPT Pemilu 2014, tercatat sebanyak 1.708.249 pemilih. Setelah disingkronisasi, mengalami peningkatan cukup signifikan yakni mencapai 1.785.423 pemilih.

Ketua KPU Sultra, Hidayatullah menjelaskan, jumlah pemilih tersebut masih bisa berubah. Sebab, saat ini masih proses coklit data pemilih di seluruh kabupaten/kota. “Kami sudah turunkan 6.452 petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) di 17 kabupaten/kota se-Sultra. Pelaksanaan coklit itu berlangsung 20 Januari hingga 18 Februari 2018,” ujar Hidayatullah, Selasa (23/1/2017).

Dengan durasi waktu 30 hari itu, lanjut dia, pemilih bisa saja bertambah atau berkurang. Akan bertambah, bila ada pemilih yang memenuhi syarat dan memiliki KTP-el atau surat keterangan (suket) dari disdukcapil tetapi tidak ada dalam daftar pemilih. “Kalau menemui kasus seperti ini, PPDP mencatat di data pemilih baru (format model A.A. KWK),” jelasnya.

Sedangkan, bisa berkurang disebabkan pemilih yang terdaftar dalam daftar pemilih yang di coklit PPDP tidak memenuhi syarat. Misalnya, karena telah meninggal dunia, pindah domisili, beralih status menjadi TNI-Polri, di bawah umur 17 Tahun dan belum kawin, dicabut hak pilihnya oleh pengadilan yang putusannya telah berkekuatan hukum tetap dan gangguan kejiwaan dibuktikan keterangan dokter. “Kalau keadaan ini maka PPDP mencoret pemilih yang bersangkutan,” tambahnya.

1 of 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top