Pariwara
Konawe Selatan

Hari Libur, Bupati Konsel Pantau Infrastruktur

KAMALUDDIN/KENDARI POS
Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga (tengah) saat mengecek beberapa pengerjaan proyek infrastruktur di otoritanya.

KENDARIPOS.CO.ID — Dalam dua tahun masa pemerintahannya, Bupati Konawe Selatan (Konsel), H. Surunuddin Dangga, terus melakukan pantauan perkembangan kerja aparaturnya, termasuk giat mengunjungi seluruh wilayah kerjanya hingga pelosok. Akhir pekan lalu saat hari libur, Surunuddin bahkan kembali melakukan peninjauan pengerjaan sejumlah proyek infrastruktur. Dalam sehari, ia telah melakukan pengawasan pada empat objek pekerjaan dengan lokasi berbeda serta jarak berjauhan. Ia didampingi Kadis PU Konsel, Ichsan Porosi.

“Kami melihat perkembangan pengaspalan ruas jalan darat dari Desa Tanea Kecamatan Konda ke Sanggula, Kecamatan Moramo Utara. Setelah itu lanjut ke Desa Lawoila untuk melihat kondisi sungai di Kecamatan Konda yang akan dinormalisasi. Selanjutnya perjalanan dilanjutkan ke Desa Lamokula, Kecamatan Moramo Utara yang juga akan dibuat pengendali banjir dengan cara membuat sodetan. Gunungnya akan dibelah dan membentuk sungai buatan untuk memperlancar mengalirnya air ketika musim penghujan. Kami juga melihat perkembangan pekerjaan ruas jalan Lapuko, Kecamatan Moramo-Tambolosu di Kecamatan Laonti yang sedang dikerjakan,” kata Surunuddin, selasa (23/1).

Sesuai target, jalan tersebut harus dilalui kendaraan minimal pertengahan 2018 ini.
Makanya, ia ingin memastikan semua program kerja berjalan dan dilaksanakan dengan benar. Pembukaan akses transportasi darat memang sedang dimaksimalkan agar membuka keterisolasian sehingga dapat meningkatkan penghasilan serta pertumbuhan ekonomi masyarakat. “Agar dapat mewujudkan daerah yang aman, maju, sejahtera dan religius sesuai tagline kami, Desa Maju Konsel Hebat,” jelasnya.

Sementara itu, Kadis PU Konsel, Ichsan Porosi, merinci, proyek pengaspalan jalan Tanea-Sanggula sepanjang kurang lebih 20 kilometer dan dimulai akhir Desember 2017 lalu dengan besaran anggaran Rp 46 miliar dari APBD. “Untuk normalisasi Sungai Lawoila, dilakukan pengerukan agar mencegah terjadinya banjir. Proyek akan dikerjakan tahun ini dengan target tuntas Mei mendatang. Ini untuk mengantisipasi banjir pada musim penghujan yang biasanya berlangsung di bulan tersebut. Anggarannya dari dana alokasi umum kurang lebih Rp 1 miliar,” ungkapnya. Ichsan berharap, seluruh kegiatan tersebut bisa tuntas tahun ini. (b/kam)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top