Pariwara
Kolaka Utara

Bupati Kolut Serahkan 16 Unit Ambulans

MUHAMMAD RUSLI/KENDARI POS
Bupati Kolut, H. Nur Rahman Umar (tengah) menyerahkan kunci mobil ambulans dan surat pernyataan pada salah seorang kepala Puskesmas, selasa (23/1)

KENDARIPOS.CO.ID — 16 unit ambulans gratis bagi warga Kolaka Utara (Kolut) secara resmi diserahkan Bupati, H. Nur Rahman Umar pada kepala Puskesmas untuk dioperasikan. Harapannya, sarana tersebut dimanfaatkan sebaik mungkin untuk pelayanan kesehatan 24 jam. Penyerahan kunci mobil diikuti dengan surat pernyataan. Ada tiga poin penegasan. Penggunaannya harus sesuai Perbup nomor 3 tahun 2018, bertanggung jawab atas biaya operasional serta pemeliharaannya.

“Saya tidak mau dengar dari masyarakat kalau ambulans ini dimuat kelapa atau nilam dan lainnya. Ada sansi bagi pejabat jika mempergunakan tidak pada tempatnya. Tidak ada lagi istilah mobil itu tak ada di tempat, jika ada warga yang membutuhkan. Jangan coba-coba difungsikan secara ganda,” ancam Kolut-1 itu.

Kendaraan juga harus dirawat dengan baik dan biaya operasional tak diselewengkan. “Saya tahu dan paham betul apa yang kita lakukan selama ini, karena saya juga dari bawah. Tetapi itu tidak semua. Dan saya harap jangan lagi dikotori dengan menambah dosa,” sambungnya, menegaskan.

Sementara itu Kadis Kesehatan Kolut, Alias, menjelaskan, warga wajib melaporkan jika fungsi ambulans tersebut disalahgunakan. Sebab, mobil keluar harus melalui rekomendasi. “Jadi kendaraan tidak bisa keluar tanpa kepala Puskesmas melapor ke call centre. Jadi ke mana saja pergi kendaraan itu, harus diketahui,” katanya. Pada pertengahan Februari tahun ini, direncanakan pengadaan dua unit ambulans lagi yang akan ditempatkan di Lasusua dan Katoi. Tahun 2019 masih akan diadakan tiga unit lagi untuk kendaraan jenazah. Untuk diketahui, pengadaan lima unit ambulans sebelumnya bersumber dari DAK 2017 sebesar Rp 1,65 miliar. Sedangkan 11 lainnya dari APBD 2017 sebesar Rp 3,46 miliar. (c/rus)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top