Pariwara
Metro Kendari

Aspal Jalan Poros Lambele-Ereke, Pemprov Kucurkan Rp 14 Miliar

Rundubeli Hasan

KENDARIPOS.CO.ID — Sejak diresmikannya pelabuhan penyeberangan Amolengo-Labuan Bajo diawal tahun 2016, frekuensi mobilisasi barang dan orang di Buton Utara terus meningkat. Akses laut yang menghubungkan Kabupaten Konsel dan Buton Utara itu menjadi pilihan utama masyarakat yang ingin bepergian dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

Kondisi itu rupanya membuat struktur jalan provinsi itu menjadi rusak parah hanya dalam waktu singkat. Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga Provinsi Sultra punya gawean besar di area itu. Sebab sebagian besar jalan dimaksud adalah jalan provinsi. Sehingga peningkatan dan pemeliharaannya menjadi urusan provinsi.

Nah, jika selama ini masyarakat mengeluhkan jalur tersebut, tahun ini poros Lambale-Ereke dipastikan mulus. Sebab Pemrov sudah menganggarkan pengaspalan jalan itu. Alokasi anggarannya lumayan besar, Rp 14 miliar. Hal itu dipastikan Kepala Dinas SDA dan Bina Marga Sultra, Rundubeli Hasan. Saat ini kata dia kondisi dasar jalan sudah pengerasan. “Sudah ada anggarannya, 14 miliar. Itu juga sudah tahu sama Pemda Buturnya,” ujar Rundubeli Hasan, Selasa (23/1).

Terkait harapan Pemda Butur agar jalan itu bisa dipercepat mengingat penyelenggaraan MTQ ke-27 tingkat Provinsi Sultra, Rundubeli mengaku pihaknya akan bekerja maksimal. MTQ ke 27 akan digelar 12 Maret mendatang. Sehingga akses jalan mulus sangat dibutuhkan. “Kita usahakan, tapi ini kan baru mau dilelang, minimal sambil jalan pekerjaannya kita saat penyelenggaraan MTQ itu,” ungkap Rundubeli Hasan. Itu juga kata dia akan dipengaruhi pula dengan cuaca. Jika intensitas hujan terlalu tinggi tentu tidak bisa dilakukan pengaspalan. Sebab akan memengaruhi kualitas pekerjaan. “Tapi jangan tanya panjanganya. Anggaran saja saya ingat,” pungkas Rundubeli. (ely/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top