Pariwara
Metro Kendari

Rp 2 Miliar untuk Memoles Daerah Kumuh

Pahri Yamsul

KENDARIPOS.CO.ID — Salah satu konsekuensi dari pertumbuhan sebuah kota adalah munculnya titik-titik permukiman kumuh. Pemerintah pusat menyebut, setiap tahun data warga yang menghuni kawasan kumuh terus meningkat. Padahal banyak program penanganan yang sudah diluncurkan pusat. Makanya, harus ada kebijakan dari berbagai pihak untuk bersama-sama mengentaskan warga dari kawasan kumuh.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra juga turut andil dalam upaya mereduksi lingkungan tak layak huni itu. Kota Kendari dan Kota Baubau disebut sebagai daerah dengan kompleks permukiman terbanyak di Sultra saat ini. Itu dinilai wajar karena kedua daerah itu memiliki penduduk terpadat dan juga berstatus sebagai kota madya.

Kepala Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Provinsi Sultra, Pahri Yamsul mengatakan tahun ini 2 daerah itu dijatah masing-masing Rp 2 miliar untuk penanganan kawasan kumuh. “Titik kumuh paling banyak itu Kendari dan Baubau, jadi kita siapkan anggaran tiap daerah Rp 2 miliar,” ujar Pahri Yamsul, Senin (22/1).

Penyediaan anggaran itu kata dia sebagai wujud dari sinkronisasi program bersama pemerintah pusat. Dikatakannya, pemerintah pusat menargetkan tak ada lagi kawasan kumuh pada 2019 nanti. “Ada program namanya 100-0-100. Maksudnya 100 persen air bersih, nol persen lingkungan kumuh dan 100 persen sanitasi. Kita di daerah harus mendukung itu,” jelas Pahri.

Lantas apa saja yang akan dibuat dengan dana Rp 2 miliar itu ? Pahri mengaku masih berkoordinasi dengan Pemkot. Sebab, Pemkot juga jelas punya pos anggaran tersendiri untuk urusan kawasan kumuh itu. Sehingga akan ada “pembagian tugas” ditiap wilayah. “Misalnya kita urus toiletnya, Pemkot urus drainase atau jalannya. Itu akan kita cocokan dulu. Agar tidak sampai tumpang tindih. Padahal kita juga akan pakai data dari kota,” tukas Pahri Yamsul. (ely/b)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top