Pariwara
Muna

Pemkab Muna Usul Pinjaman Rp 100 M

LAODE ALFIN/KENDARI POS
Potret salah satu gedung RSUD Modern di Raha yang belum juga rampung. Penuntasannya diupayakan melalui pinjaman Rp 100 miliar.

KENDARIPOS.CO.ID — Membangun tanpa mengutang, memang sulit dilakukan pemerintah di Kabupaten Muna. Keuangan daerah tak cukup optimal untuk dialokasikan untuk pembiayaan pembangunan. Rp 460 miliar dari total Rp 680 miliar dana alokasi umum (DAU) habis hanya untuk membayar gaji 6.045 aparatur sipil negara (ASN). Disisi lain, tuntutan peningkatan sarana layanan publik semakin mendesak. Untuk itu, Pemkab Muna berencana menambah pinjaman daerah pada tahun ini sebesar Rp 100 miliar.

“Sulit untuk tidak mengutang lagi. 70 persen DAU hanya untuk pegawai, infrastruktur menjadi sulit diprioritaskan. Rencana kami meminjam di Bank Sultra tahun ini,” jelas Ari Asis, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Muna, Senin (22/1). Jika rencana itu terealisasi, otomatis utang daerah semakin bertambah. Pada 2014 lalu, Pemkab Muna diketahui meminjam pada Pusat Investasi Pemerintah (PIP) sebesar Rp 90 miliar. Pada saat itu, dana tersebut digunakan untuk membangun Rumah Sakit Modern Kota Raha. Hanya saja, konsekuensi pinjaman tersebut, Pemkab harus membayar angsuran plus bunga pinjaman selama lima tahun, yang jika dikalkulasi, membengkak hingga kurang lebih Rp 140 miliar.

“2017 lalu kami baru bayar lagi Rp 37 miliar di PIP. Tunggakannya sampai 2020,” sambung Ari Asis. Jika usulan pinjaman Rp 100 miliar itu sudah disetujui, Pemkab akan menggunakannya untuk memaksimalkan infrastruktur dasar. Diantaranya perampungan RSUD modern dan penambahan gedung Pasar Laino. “Untuk rumah sakit dan Pasar Laino, belum dirinci berapa jumlahnya masing-masing,” paparnya. Pinjaman tersebut, bersifat jangka panjang. Pemkab akan mengangsur setiap tahun. “Jelasnya lebih lama dari kontrak di PIP,” pungkasnya. (b/ode)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top